SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WATES—Kejadian ini mungkin perlu menjadi pelajaran bagi masyarakat. Karena tergiur mendapat uang ratusan juta rupiah, Arif Sulistyo Nugroho, 38, warga Driyan 57/26, Wates, Kulonprogo ditipu oleh  Eko Windi Atmoko, 30, warga Magelang yang masih terhitung saudaranya sendiri. Akibatnya, Arif menderita kerugian Rp120 juta.

Kasus ini sebenarnya terjadi dipenghujung 2009. Namun kasusnya baru dilaporkan oleh korban Arif kepada pihak polisi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat itu hutang saya menumpuk. Maka, saat Eko mengatakan dapat mengatasi masalah saya dengan cara menggandakan uang, saya percaya saja,” katanya kepada petugas saat melaporkan penipuan yang menimpanya di Polres Kulonprogo, Sabtu (10/9).

Dia menceritakan, peristiwa nahas ini berawal ketika Eko mengunjungi rukonya di Pengasih Rt 01/02, Pengasih, Kulonprogo pada 23 Desember 2009 lalu, sekitar pukul 12.00 WIB.  Saat itu, jelas Arif, Eko mengetahui bahwa dia sedang terjerat hutang dan dapat membantu dengan jalan menggandakan uang miliknya.

“Eko kemudian membujuk saya agar memberikan uang untuk digandakan supaya bisa melunasi hutang-hutangnya. Saat itu saya tidak dapat berpikir dengan jernih lagi. Dan langsung memberinya uang,” tukasnya.

Jumlah uang yang diberikan kepada Eko, jelas Arif dilakukan sebanyak dua kali. Pertama dia memberikan uang sebesar Rp35 juta dan beberapa hari kemudian ia menyerahkan uang sebesar Rp85 juta.

“Karena sudah termakan bujuk rayu saja menurut saja, apalagi ia terhitung masih saudara saya sendiri,” akunya. Setelah sekian lama, jelas Arif, Eko juga belum menampakkan batang hidungnya untuk menyerahkan uang yang dijanjikan akan digandakan. Dia pun tersadar telah menjadi korban penipuan.

“Dulu Eko menjanjikan waktu tidak sampai satu bulan. Namun, sampai sekarang uang pokok bersama dengan uang gandaannya juga belum diantarkan. Akhirnya saya sadar telah ditipu mentah-mentah sama Eko,” sesalnya. (HARIAN JOGJA/Abdul Hamied Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya