Tergiur Keuntungan Investasi Kripto, Warga Jogja Rugi Rp1,3 Miliar

Seorang warga melapor ke Polda DIY karena merasa tertipu investasi bodong aset kripto senilai Rp1,3 miliar.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JOGJA — Seorang warga melapor ke Polda Daerah Istimewa Yogyakarta karena menjadi korban investasi bodong berkedok kripto yang mencatut platform perusahaan global, Bittorent. Korban mengaku mengalami kerugian hingga Rp1,3 miliar.

Korban berinisial LFD, 51, secara resmi melaporkan penipuan berkedok investasi itu ke Polda DIY pada Sabtu (25/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kuasa Hukum LFD, Jiwa Nugroho, menjelaskan kasus ini mencatut salah satu perusahaan global Bittorent. Pelaku menggunakan nama Bittorent Trust. Terungkapnya investasi bodong itu bermula pada September 2021 silam saat korban dibujuk oleh beberapa orang mengenai produk investasi dalam bentuk kripto yang terafiliasi dengan Bittorent bernama Bittorent Trust. Mereka meyakinkan terkait keuntungan Rp0,5% hingga 2% per hari dari total investasi.

“Korban ditunjukkan website bittorentrust.com yang memuat informasi paket, skema, cara kerja dalam proses investasi sehingga korban yakin untuk berinvestasi karena terafiliasi dengan perusahaan global itu,” kata Jiwa kepada wartawan di Kota Jogja, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Beli Pertalite & Solar Pakai MyPertamina, SPBU Jogja: Siap, Tapi Repot

Ia menambahkan LFD kemudian mendaftar dengan dipandu oleh para pembujuk. Dia awalnya membeli token paket B4 berisi 20 PIN sebanyak dua senilai Rp15 juta.

Kemudian dia kembali membeli paket senilai Rp75 juta. Puncaknya ia melakukan transfer ketiga senilai Rp1,2 miliar untuk membeli token empat paket berisi 200 PIN.

Korban menransfer sebesar Rp12 juta dan terakhir Rp1,3 juta. Uang tersebut ditransfer ke dua rekening bank Mandiri dengan atas nama orang yang berbeda.

“Total kerugian korban mencapai Rp1,3 miliar meski sempat mendapatkan profit dari jumlah yang dijanjikan per harinya,” ujar dia.

Terbujuk Keuntungan

Melalui keterangan, LFD mengaku tertarik dengan tawaran investasi kripto karena keuntungan yang dijanjikan. Nominal uang bisa dipantau secara langsung lewat akun member di website tersebut.

Baca Juga: Bikin Gaduh! Holywings Jogja Ditutup

Selain itu afiliasi Bittorent dengan mata uang digital BTT Koin membuatnya semakin yakin. BTT Koin adalah satu-satunya yang digunakan dalam transaksi platform Bittorent secara global.

“Pada awalnya memang mereka memberikan profit supaya member yakin kalau itu investasi berjalan. Namun sejak Maret 2022, website Bittorent Trust tidak bisa diakses bersamaan dengan menghilangnya orang-orang. Jadi saya tidak bisa mengambil uang sehingga mengalami kerugian Rp1,3 miliar,” katanya.

Jiwa Nugroho menyatakan korban telah melakukan somasi sebanyak tiga kali dan melakukan komunikasi dengan para terlapor. Namun, para terlapor ini juga mengaku sebagai korban.

“Dugaan kami sindikat ini mendompleng nama besar Bittorent agar para member yakin. Dugaan kami ini tidak terafiliasi dengan Bittorent. Kemungkinan masih banyak korban dengan kerugian miliaran rupiah,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kehilangan Rp1,3 Miliar akibat Investasi di Bittorent Trust, Seorang Warga DIY Lapor Polisi

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bupati Gunungkidul Pecat Dokter RSUD Saptosari, Ini Penyebabnya

      Seorang dokter berstatus PNS yang bekerja di RSUD Saptosari Kabupaten Gunungkidul dipecat dari jabatannya karena berselingkuh.

      BMKG: Jogja Diprediksi Hujan pada Selasa Siang-Sore Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Selasa 16 Agustus 2022.

      Waduh, Air Hujan di Jogja Mengandung Mikroplastik, Terparah di Tugu

      Hasil penelitian dari Prodi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogja menunjukkan air hujan di Kota Jogja mengandung mikroplastik.

      Angin Kencang Terjang Sleman,1 Rumah Roboh & 1 Anak Tertimpa Reruntuhan

      Satu rumah di Kalurahan Jogotirto, Kapanewon Berbah, Sleman, roboh setelah diterjang angin kencang.

      Piknik di Pantai Parangtritis, 2 Pelajar Semarang Terseret Ombak

      Dua pelajar asal Kota Semarang tersert ombak di Pantai Parangtritis.

      Terjatuh di Kamar Mandi, Warga Pati Meninggal di Parangtritis

      Seorang perempuan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Pendopo Cepuri, Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Bantul.

      Tujuh Kecamatan di Gunungkidul Jadi Kantong Kemiskinan, Mana Saja?

      Tujuh kecamatan di Kabupaten Gunungkidul terpetakan menjadi wilayah kantong kemiskinan.

      Wow! Kerangka Manusia Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Gunungkidul

      Kerangka manusia purba berusia 4.500 tahun ditemukan di Situs Song Tritis, Dusun Semampir, Semugih, Rongkop, Kabupaten Gunungkidul.

      Geger! Mobil Terparkir 5 Tahun di Jogja Tiba-Tiba Terbakar, Kok Bisa?

      Satu unit mobil yang sudah terparkir selama lima tahun tiba-tiba terbakar di Asrama Balai Diklat PU, Kelurahan Purwodirjan, Kemantren Gondomanan, Kota Jogja.

      Top! Indonesia Sabet 8 Medali di Olimpiade Informatika Internasional

      Indonesia meraih delapan medali di ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2022.

      IOI Jadi Asa Indonesia sebagai Kekuatan Digital Asia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) di Indonesia resmi ditutup, Minggu (14/8/2022) malam.

      Siapkan Payung! Prakiraan Cuaca Jogja Senin: Hujan dari Siang-Sore Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Senin 15 Agustus 2022.

      Damkar Jogja Catat 8 Bulan Ada 37 Kebakaran, Kejadian Meningkat di Juli

      Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja mencatat selama Januari hingga Agustus 2022 terjadi 37 kejadian kebakaran di wilayahnya.

      Gunakan Ponsel, 75 Polisi Gunungkidul Buru Pelanggar Lalin di Jalanan

      Sebanyak 75 petugas dari Satlantas Polres Gunungkidul, melakukan ETLE Mobile sejak awal Agustus 2022.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (13/8/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sleman dan Bantul, DI Yogyakarta, pada hari ini, Sabtu, 13 Agustus 2022.