Kategori: Solo

Tergenang Air Hingga Ketinggian 90 Cm, Ini Foto-Foto Kondisi Viaduk Gilingan Solo


Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman/Nicolous Irawan

Solopos.com, SOLO -- Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, sempat tergenang air dengan ketinggian hingga 90 sentimeter (cm) akibat hujan deras pada Minggu (7/3/2021) siang.

Arus lalu lintas juga sempat dialihkan karena ketinggian air yang cukup tinggi. Meskipun ada juga kendaraan yang nekat menerobos genangan air.

Viaduk Gilingan, Solo, tergenang air sebenarnya bukan persoalan baru. Persoalan ini sudah terjadi sejak lama. Viaduk itu harus direvitalisasi agar masalah banjir tersebut teratasi.

Baca Juga: Sudah Terima 90.000-An Dosis Vaksin Covid-19, DKK Solo Terus Ajukan Permintaan

Namun hal itu belum dilakukan sampai saat ini. Masyarakat tinggal berharap pada proyek pembangunan rel layang simpang Joglo yang rencananya naik dari viaduk tersebut.

“Saya tengah patroli langsung mengecek ke Viaduk Gilingan. Ternyata benar, air sudah menggenang. Segera kami bersihkan saluran pembuangan air,” papar anggota Patroli BPBD Solo, Hananto, kepada Solopos.com, Minggu siang.

Saluran Drainase

Menurut Hananto, air mulai menggenang sekitar pukul 14.00 WIB dan surut sekitar satu jam kemudian. Genangan terjadi karena air mengantre masuk ke saluran drainase.

Baca Juga: Sangat Berbisa! 11 Ekor Ular Hijau Ekor Merah Ditemukan Di Lapangan Kampung Sewu Solo

Petugas BPBD harus membersihkan sampah yang menyumbat saluran drainase supaya air mengalir lancar. Hananto menambahkan beberapa ruas jalan di kawasan Pasar Darurat Pasar Legi juga tergenang air setinggi 30 sentimeter.

Ia memerinci ruas jalan itu yakni Jl Sutan Syahrir, Jl Abdurrahman Saleh, dan kawasan Jl Urip Sumoharjo.

Berikut beberapa foto kondisi viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, yang tergenang air pada Minggu siang.

Petugas mengawasi arus lalu lintas di viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, yang kebanjiran seusai hujan deras, Minggu (7/3/2021) siang. (Solopos/Nicolous Irawan)

 

Petugas BPBD Solo membersihkan sampah yang menyumbat saluran drainase di viaduk Gilingan, Solo, yang penuh air seusai hujan deras, Minggu 97/3/2021) siang. (Solopos/Nicolous Irawan)

 

Kondisi pintu air saluran drainase viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, yang tergenang seusai hujan deras, Minggu (7/3/2021) siang. (Istimewa/Hananto)

 

Mobil nekat melintasi genangan air di viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, seusai hujan deras, Minggu 97/3/2021) siang. (Istimewa/Hananto)

 

Kondisi viaduk Gilingan, Solo, yang terendam banjir seusai hujan deras, Minggu 97/3/2021) siang. (Istimewa/Hananto)

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih