Terganjal Kartu Vaksin, 10 Bus Pariwisata Gagal Masuk Yogyakarta

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta memutar balik sebanyak 10 bus pariwisata dari luar daerah karena tidak lolos uji coba pemeriksaan kartu vaksin.

 Ilustrasi kartu vaksin. (Detik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu vaksin. (Detik)

Solopos.com, JOGJA — Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta memutar balik sebanyak 10 bus pariwisata dari luar daerah karena tidak lolos uji coba pemeriksaan kartu vaksin pada Sabtu (25/9/2021) dan Minggu (26/9/2021) di halaman parkir Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti saat dihubungi di Yogyakarta, Senin (27/9/2021), menerangkan setiap bus yang lolos pemeriksaan mendapatkan stiker dan diperkenankan masuk wilayah DIY.

“Karena (10 bus) tidak dapat stiker kami suruh balik. Ini masih uji coba, tapi paling tidak menenangkan bagi orang (destinasi wisata) yang hendak didatangi bus tersebut,” kata dia seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Peningkatan Okupansi Hotel di DIY Belum Merata, Kenapa?

Made menjelaskan pemeriksaan bus pariwisata yang digelar Dishub DIY pada Sabtu dan Minggu itu masing-masing terbagi menjadi dua sif yakni pukul 09.00-12.00 WIB untuk sif pertama dan 13.00-16.00 WIB untuk sif kedua.

Pada Sabtu, bus yang diminta putar balik sebanyak 8 bus dari total 66 bus yang diperiksa. Sedangkan pada Minggu bus yang diputar balik sebanyak 2 bus dari 27 bus yang diperiksa.

Bus tidak lolos pemeriksaan karena penumpang tidak memiliki kartu vaksin. Meski jumlah penumpang yang belum vaksin rata-rata tidak sampai 5 persen, menurut Made, bus tetap tidak diloloskan masuk.

Baca Juga: Potensi Gagal Bayar Hingga Rp800 Miliar, KSB Jogja Digeruduk Nasabah

Mencegah Kasus Covid-19

Selain itu, bus tidak boleh melebihi syarat maksimal penumpang 70 persen dari kapasitas. “Kemarin bus pariwisata sebagian besar dari Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar Made.

Made meyakini pemeriksaan kartu vaksin bus pariwisata dapat berkontribusi mencegah peningkatan kasus Covid-19 di DIY sebab para wisatawan asal luar daerah dipastikan sehat dan telah memperoleh suntikan vaksin.

Untuk tahap awal uji coba pemeriksaan bus pariwisata, Dishub DIY memilih berfokus di halaman parkir Bandara Adisutjipto Yogyakarta sebagai titik simpul perbatasan di wilayah timur.

Pemeriksaan di wilayah itu didahulukan mengingat intensitas kendaraan yang hendak masuk dari arah timur ke DIY dianggap lebih banyak.

Baca Juga: BRI Pangkas Bunga Kredit Hingga 325 Bps, Masih Bisa Turun Lagi?

Setelah melalui evaluasi, ia berkata uji coba pemeriksaan ke depan akan dilanjutkan total di delapan titik simpul termasuk di Terminal Giwangan (Kota Yogyakarta), Terminal Dhaksinarga dan Terminal Semin (Gunung Kidul), Terminal tipe C di Wates (Kulon Progo), kemudian di Palbapang dan Imogiri (Bantul), serta Terminal Jombor (Sleman).

Seiring uji coba itu, ia menargetkan pada akhir 2021 seluruh wisatawan yang hendak mengunjungi DIY sudah tahu bahwa mereka harus dalam kondisi sehat serta memiliki kartu vaksin.

“Kami harapkan ini menjadi bagian sosialisasi dan edukasi. Masyarakat jadi tahu bahwa kalau ke Yogyakarta harus sehat dan sudah divaksin,” kata dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Blak-Blakan Sri Mulyani Resah Gegara Pinjol Bikin Orang Menderita

Menkeu menambahkan dengan ada banyak kasus pinjol, kini ahli ekonomi syariah harus bekerja keras untuk mengembangkan teknologi keuangan digital,

Menteri BUMN Dukung Program Electrifying Agriculture PLN

Per September 2021, jumlah pelanggan PLN yang sudah memanfaatkan program EA mencapai 60.718 pelanggan dengan total daya sambung sebesar 478,96 MVA.

The Sunan Hotel Solo Sabet Gold Circle Award 2021 dari Agoda.com

Penilaian diperoleh dari berbagai faktor seperti performa penjualan online terbaik di Kota Solo, sampai penyajian konten yang baik di portal Agoda.

Astra Serahkan 2 Mobil Vaksinasi Covid-19 ke Polres Metro & Kodim Jakut

Dengan adanya kendaraan vaksin diharapkan dapat meningkatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 khususnya terhadap masyarakat ring satu di wilayah Jakarta Utara.

Jangan Panik, Ini Tips-Tips Jika Terlanjur Terjebak Pinjol Ilegal

Pastikan pinjol yang dituju adalah pinjol legal atau yang terdaftar atau mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jelang WSBK Mandalika, Penumpang Bandara Internasional Lombok Meningkat

Penumpang di Bandara Internasional Lombok meningkat 10 persen pada Oktober 2021 dampak dari turunnya level PPKM di Nusa Tenggara Barat.

Menko Airlangga Sebut Elektronifikasi Transaksi Pemda Bisa Dongkrak PAD

Momentum membaiknya kondisi pandemi Covid-19 saat ini serta capaian pemulihan ekonomi di tingkat nasional dan daerah perlu untuk dimanfaatkan.

Maskapai di Bandara YIA Belum Minta Penerbangan Tambahan

PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan belum ada  permintaan penerbangan tambahan dari sejumlah maskapai di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Raih Pendanaan Rp56 Miliar, Startup Majoo Siap Dukung Digitalisasi UMKM

Startup penyedia solusi digital keuangan, perbankan, dan UMKM, Majoo mendapat suntikan pendanaan sebesar US$4 juta atau sekitar Rp56,69 miliar dari tiga investor.

Pendaftar DSC 12 Capai 12.000 Submitter, Segera Daftar Keburu Tutup!

Pendaftaran Diplomat Success Challenge atau DSC 12 akan berakhir 19 Oktober 2021. Segera daftarkan dirimu di sini untuk meraih uang tunai total Rp2 miliar.

Ketika 28% Gajimu Mengalir ke Ekosistem Gojek

Persaingan industri ekonomi digital kini mempertemukan tiga pemain besar yaitu ekosistem Gojek, Shopee, serta kombinasi Grab, Ovo, dan Emtek.

Tingkatkan Produktivitas UMK, PLN Kembangkan Gerobak Motor Listrik

PLN berinovasi dalam mengembangkan program gerobak motor listrik untuk meningkatkan produktivitas usaha mikro kecil (UMK).

9 KKKS Besar Lampaui Target Lifting Migas Tinggi

Sektor hulu migas bisa mencatatkan capaian lifting migas tinggi, sampai triwulan III/2021, realisasi lifting minyak dan gas sebesar 1,640 barel oil equivalent per day (BOEPD)

Biar Usaha UMKM Lancar, Begini Syarat dan Cara Mengajukan Izin PIRT

Banyak keuntungan yang didapat pelaku usaha rumahan seperti UMKM bila telah memiliki izin usaha seperti izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 26 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (26/10/2021) kompak naik dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.