Terganggu karena Bibir Pecah-Pecah, Atasi dengan Bahan-Bahan Alami Ini
Madu merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi bibir pecah-pecah (ilustrasi/freepik)

Solopos.com, SOLO--Cuaca yang panas sering membuat bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini tentu saja mengganggu penampilan dan kesehatan.

Tak jarang bibir pecah bisa membuat terasa perih, tidak nyaman, bahkan berdarah.  Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa dialami siapa saja baik laki-laki dan perempuan.

Kondisi bisa lebih buruk saat kondisi ini membuat orang tidak bisa menahan diri untuk mengelupasi kulit bibir. Tak hanya di musim dingin yang kering, masalah bibir pecah juga bisa terjadi saat cuaca cerah atau panas seperti saat ini.

Tak perlu risau, masalah ini bisa diatasi dengan cara alami. Seperti dilansir dari okezone.com dan media lainnya, Kamis (24/9/2020), berikut cara mengatasi bibir pecah-pecah menggunakan bahan alami.

Chef Cilik Kobe, Inspirasi Orang Tua Agar Tak Ragu Bawa Si Kecil Ke Dapur

Madu

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah serta dapat menyembuhkan dan melembapkan bibir. Rasanya yang khas manis juga memberikan kenyamanan jika masuk ke mulut. Madu bukan hanya membantu melembabkan kulit kering tapi juga mencegah infeksi pada bibir pecah-pecah.

Minyak kelapa

Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa dapat melumasi dan menyehatkan bibir anda. Jadi, oleskan sedikit minyak ini ke bibir dua kali setiap serta pijat selama beberapa detik. Usahakan untuk tidak makan atau minum segera setelah mengaplikasikannya.

Lidah buaya

Obat mujarab lain yaitu gel lidah buaya. Gel ini mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan antiradang yang menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak. Akan tetapi tidak semua orang cocok menggunakan lidah buaya ini, maka sebelum memakainya pastikan terlebih dahulu jika anda tidak elergi dengan lidah buaya.

Caranya mudah sekali, dari daun keluarkan gel dan simpan dalam wadah kedap udara. Oleskan pada bibir Anda sebelum tidur setiap malam dan basuh bibir Anda di pagi hari.

Mentimun

Mentimun memiliki sifat mendinginkan, sehingga nyaman dijadikan masker kulit kering, termasuk untuk bibir. Vitamin dan antioksidannya yang tinggi sangat baik mengembalikan kelembapan kulit bibir. Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Sering Menguap, Bisa Jadi Bukan Mengantuk Tapi Karena Ini

Teh hijau

Teh hijau juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa dijadikan masker alami untuk melembapkan kulit kering dan pecah-pecah. Kandungan polifenolnya bisa mengurangi inflamasi dan membantu melembutkan kulit yang kering.

Air putih

Ketika bibir terasa kering hingga pecah-pecah, itu artinya tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kurang cairan. Maka, cara terbaik untuk mengatasi bibir kering yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Oleh karena itu, dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang paling mudah dilakukan tentunya dengan mencukupi kebutuhan air putih tubuh setiap hari. Air putih ini banyak sekali manfaatnya. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan air putih bagi tubuh, agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom