SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Seorang wisatawan harus dilarikan ke rumah sakit setelah terhempas ke batu karang dann mengalami patah kaki di Pantai Pulang Sawal, Tepus, Gunungkidul, Minggu (11/5/2014).

Saksi mata, Budiono, yang juga merupakan anggota Search And Rescue (SAR) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlimas) Korwil II menuturkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Adapun korban bernama Amelia Dani Swara, 15, pelajar asal Perum Kalikidang, Sokaraja, Purwokerto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ketika asyik bermain di pantai sebelah barat, tiba-tiba ombak besar datang. Dia terhempas ke karang,” tutur dia, Minggu.

Ketika terempas ke karang, korban masuk ke dalam lubang dan menyebabkan kaki kirinya patah. Korban langsung dievakuasi dan dilarikan ke RS Karima Utama Kartasura, Sukoharjo, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Marjono menuturkan kondisi gelombang saat kejadian masih landai. Ketinggian gelombang sekitar satu meter hingga 1,5 meter. “Namun, pantai selatan memiliki ciri khas gelombang besar yang tiba-tiba datang. Sehingga perlu selalu berhati-hati,” tutur dia.

Imbauan kepada wisatawan untuk berhati-hati terus dilakukan. Namun, tak jarang wisatawan yang ngeyel dan tidak mengindahkan peringatan dari Tim SAR. Tim SAR juga meminta kerjasama dari pedagang, penyedia jasa sewa tikar, payung dan ban untuk turut mengawasi. “Terus terang kmai kekurangan personil sehingga perlu kerjasama dari semua pihak termasuk pengunjung,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya