Terekan CCTV, 2 Pencuri 31 Ponsel di Konter HP di Kartasura Ditangkap

Tayangan CCTV membantu Polres Sukoharjo meringkus dua pencuri 31 ponsel di sebuah Konter HP di Kartasura, Sukoharjo, pada Senin (27/9/2021) malam.

 (Espos/ Candra Putra Mantovani)

SOLOPOS.COM - (Espos/ Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SUKOHARJO — Polsek Kartasura menangkap pencuri yang membawa kabur 31 ponsel dari sebuah toko gawai di Kartasura, Senin (27/9/2021) malam. Aksi pencurian itu terekam camera closed circuit television (CCTV).

Pelaku membobol toko gawai FR berinisial TS dan SK di Jl. Mendungan RT 003/ RW 003, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.
Berdasarkan hasil penyidikan yang dilakukan Unit Reskrim Polsek Kartasura, pelaku nekat mencuri 31 gawai tersebut lantaran terlilit masalah ekonomi.

PromosiKantor Pos Gladak Pernah Sengaja Dibakar Atas Perintah Slamet Riyadi

Motif pencurian pelaku terungkap saat dilakukan gelar kasus di Mapolsek Kartasura pada Rabu (29/9/2021). Kepada wartawan, kedua pelaku mengaku setiap hari bekerja sebagai buruh serabutan.

Baca Juga: 2 Pot Tanaman Cabai Milik Mbah Karto Tembel Sukoharjo Raib, Pencurinya Terekam CCTV Bawa Mobil

Di masa pandemi, keduanya tidak mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Merasa terdesak, keduanya kemudian nekat mencuri di toko gawai FR.

Salah satu pelaku, SK, mengaku bersama TS terlebih dulu memantau target toko yang akan dibobol selama sepekan. Setelah itu, pelaku kemudian beraksi pada dini hari.

Baca Juga: Video Viral Maling Gondol Sepeda Motor di Indekos Kartasura

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setiawan, mengatakan kedua pelaku baru kali pertama mencuri. Namun, dia menegaskan polisi tetap akan menelusuri rekam jejak pelaku apakah memiliki riwayat kriminal lain atau tidak.

“Kalau mereka ketahuan melakukan pencurian atau tindakan kriminal lainnya sebelum ini pastinya akan ada pemberatan,” terang dia.

Kapolres juga berterima kasih kepada masyarakat yang kooperatif membantu menangkap kedua pelaku. Pasalnya, pelaku berhasil ditangkap beberapa jam setelah polisi menerima laporan.

Baca Juga: Celingak-Celinguk! Ini Rekaman CCTV Maling Speaker Masjid di Kartasura Sukoharjo

Dia juga mengimbau agar warga atau pemilik usaha lebih waspada dengan pencurian dengan meningkatkan sistem keamanan seperti memasang CCTV.

“Penangkapan ini termasuk cepat karena tidak sampai hitungan hari dan hanya jam saja. Semua tak lepas dari bantuan masyarakat yang ikut membantu pelacakan. Salah satu wajah pelaku sempat tertangkap CCTV dan tim mendapatkan informasi dari masyarakat terkait keberadaan salah satu pelaku dan akhirnya dilakukan penangkapan,” beber dia.

Baca Juga: Ditinggal Garap Sawah, Motor Petani Malangan Sukoharjo Digondol Maling

Dari hasil penangkapan, polisi berhasil menyita 31 unit gawai berbagai merk, satu unit sepeda motor honda beat warna putih bernomor polisi AD 4876 ACB, dan dua kursi yang digunakan untuk memanjat sebagai barang bukti.

Saat ini tersangka masih dalam proses peyidikan oleh Unit Reskrim Polsek Kartasura.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Cerita tentang Bandit Jawa dan Praktik Kecu Masa Kolonial di Soloraya

+ PLUS Cerita tentang Bandit Jawa dan Praktik Kecu Masa Kolonial di Soloraya

Pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, praktik perkecuan atau kecu atau bandit sosial menempati posisi tertinggi tindak kriminalitas di wilayah Vorstenlanden Surakarta atau Soloraya, yang terjadi akibat kesenjangan status sosial yang tinggi, serta pengaruh kebijakan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Berita Terkini

Keistimewaan Boyolali, Aneka Kuliner Lezat hingga Ikon Monumen Dunia

Kabupaten Boyolali dengan sederet keistimewaan terdiri atas 22 kecamatan yang dibagi lagi menjadi 261 desan dan 6 kelurahan.

Pengerjaan Proyek Pasar Nglangon Lambat, Bupati Sragen Marahi Konsultan

Bupati Sragen berang saat mengetahui progres pembangunan Pasar Nglangon senilai Rp33,7 miliar baru berjalan 0,48% dari seharusnya 11%.

Wow, Ada Monca Nail Art Juga Loh di Korean Wave Solo Grand Mall

Monca Nail Art menjadi salah satu gerai peserta Korean Wave yang digelar Solopos Media Group (SMG) dan Solo Grand Mall. Monca Nail Art memberi diskon 20% untuk semua treatment.

Petani Milenial Sukoharjo: Hasil Panen Bisa untuk Healing dan Perawatan

Petani milenial kini tak harus terjun ke sawah karena ada banyak kegiatan bisa dilakukan untuk mengoptimalkan usaha pertanian, salah satunya bidang pemasaran.

Ratusan Buku Belanda di Museum Radya Pustaka Jarang Dibaca, Ini Isinya

Ratusan buku berbahasa belanda di Perpusatakaan Museum Radya Pustaka Solo jarang dibaca oleh pengunjung.

Alasan di Balik Kafe Kopi Lebih Ngetren Ketimbang Kafe Teh

Teh lebih populer dijajakan di angkringan, sementara kopi di kafe-kafe berkelas. Ada alasan di balik fenomena tersebut.

Cerita Gema Salam Dampingi Napiter Asal Klaten saat Bebas dari Lapas

Yayasan Gema Salam menjemput napiter yang sudah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas/LP) Gunung Sindur, Parung, Bogor atas nama Agung, asal Kabupaten Klaten.

Mewujudkan Mimpi Bupati Yuni Miliki Teh Khas Sragen

Meski tak punya kebun teh, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati ingin Kabupaten Sragen memiliki teh khas.

Peran Sendang Siwani Wonogiri dalam Kisah Sambernyawa Lawan Kompeni

Menurut Juru Kunci Sendang Siwani, Slamet Riyadi, dahulu Sendang Siwani bernama Belik Lenggong.

Cerita tentang Bandit Jawa dan Praktik Kecu Masa Kolonial di Soloraya

Pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, praktik perkecuan atau kecu atau bandit sosial menempati posisi tertinggi tindak kriminalitas di wilayah Vorstenlanden Surakarta atau Soloraya, yang terjadi akibat kesenjangan status sosial yang tinggi, serta pengaruh kebijakan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Kenalkan Ranu Asmoro, Dekorator Pernikahan Langganan Keluarga Jokowi

Dekorasi pernikahan Ketua MK dengan adik Presiden Jokowi dilakukan oleh Ranu Asmoro. Ranu merupakan pria yang menjadi langganan mendekorasi pernikahan keluarga Jokowi.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Solo Sekarang

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Solo, Jawa Tengah, pada hari ini, Sabtu, 21 Mei 2022.

Bupati-Kapolres Sragen Mendadak Tinjau Pasar Hewan Nglangon, Ada Apa?

Populasi sapi saat hari pasaran Pahing di Pasar Nglangon mencapai 600 ekor dan kambing mencapai 100-an ekor.

Foto Profil Gibran di Instagram Bikin Kaget, Netizen: Dihack Kaesang?

Foto profil Instagram milik Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, bikin kaget netizen. Bahkan, ada yang menduga dihack oleh sang adik, Kaesang Pangarep.

Mensos Kunjungi Richie, Bocah Klaten Penderita Infeksi Selaput Otak

Risma menyerahkan bantuan peralatan dari Kemensos serta bantuan yang dihimpun melalui kitabisa.com untuk Richie.