SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian. (Freepik.com)

Solopos.com, KULONPROGO — Petualangan Subardi, warga Bantul yang berdomisili di Ngombol, Purworejo, Jawa Tengah (Jateng), dalam melakukan sederet aksi pencurian gabah di Kulonprogo akhirnya berakhir. Pria berusia 44 tahun itu akhirnya diringkus aparat kepolisian, Selasa (24/5/2022)/

Aksi Subardi terungkap setelah terekam kamera CCTV saat mencuri gabah di Jalan Trisik, Banaran, Galur, pada Minggu (22/5/2022) kemarin. Ia pun mengaku selama ini sudah melakukan pencurian gabah di lima lokasi di Kulonprogo dengan total jarahan mencapai 12 karung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan pelaku ditangkap pada Selasa kemarin. Menurut Jeffry, aksi pencurian Subardi terungkat setelah terekam kamera CCTV yang ada di Jalan Trisik Banaran Galur.

Polisi menelusuri rekaman tersebut dan melakukan patroli tertutup pada Selasa. Polisi kemudian menemukan pelaku di wilayah Sorogenen Karangsewu Galur.

Pelaku mengendarai motor Honda Supra Fit warna biru silver berpelat nomor AB 5721 VQ. Ia juga mengenakan hoodie berwarna merah bertuliskan BESTIE pada bagian depan.

Baca juga: Rekor! Jumlah Wisatawan di Kulonprogo pada Mei Tertinggi Selama 2022

“Saat ditanya orang tersebut lari ke arah sawah, dikejar oleh anggota Reskrim dan dapat ditangkap,” ungkap Jeffry, Rabu (25/05/2022).

Kasi Humas Polres Kulonprogo itu mengatakan aksi pencurian gabah yang dilakukan tersangka kali pertama terjadi pada 10 Mei 2022 di Nepi, Brosot, Galur. Dalam aksinya itu, pelaku mencuri empat karung gabah senilai Rp1 juta.

Kemudian aksi kedua dilakukan pada 11 Mei 2022 di Diren, Pandowan, Galur, dengan menggasak dua karung gabah senilai Rp500.000. Selang sepekan, tepatnya 18 Mei 2022, pelaku kembali melancarkan aksinya di Bagongan, Nomporejo, Galur, dengan mencuri dua karung gabah senilai Rp500.000.

Baca juga: Pencurian Kulonprogo: Berangkat Tarawih Malah Rugi Rp9,5juta, Loh?

Sedangkan aksi keempat dijalankan pelaku di Halaman Balai Kalurahan Nomporejo dengan menggasak dua karung gabah senilai Rp500.000. Sementara pada aksi kelimanya, atau yang terakhir, pelaku mencuri dua karung gabah di Jalan Trisik, Galur.

“Pelaku dengan menggunakan sepeda motor Honda Supra Fit Nopol AB 5721 VQ mengambil dan mengangkut karung gabah milik para korban yang ditinggal dan akan dijemur oleh pemiliknya,” katanya.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul Lima Kali Beraksi, Maling Gabah di Kulonprogo Ditangkap Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya