SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Masa arus balik Lebaran 2019 di Stasiun Tawang, Semarang, diwarnai aksi pencurian telepon gengam atau handphone (hp), Selasa (11/6/2019). Untungnya, aksi pencurian itu berhasil digagalkan petugas Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) PT KAI Daops IV Semarang setelah terekam kamera circuit closed television (CCTV).

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, membenarkan perihal aksi pencurian hp milik salah satu penumpang bernama Herlina Effendi. Aksi pencurian itu bermula saat korban tengah tertidur di Hall Stasiun Tawang.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Saat itu korban tertidur, sementara HP-nya di-charge. Ketika bangun, HP-nya sudah hilang. Mengetahui hal itu, korban langsung melapor ke petugas Polsuska Stasiun Tawang,” ujar Kris dalam keterangan resmi, Selasa.

Kris mengatakan korban memang mengalami kelelahan hingga tak sadar HP-nya digondol pencuri. Saat itu, korban baru saja melakukan perjalanan dari Jakarta dengan menggunakan KA Argo Sindoro Lebaran.

Seusai tiba di Semarang, korban masih harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan KA Ambarawa Express tujuan Pasarturi, Surabaya.

“Mendapat laporan dari korban, kami langsung berkoordinasi untuk menyelidiki kasus itu. Kita memutuskan melihat rekaman CCTV yang terpasang di semua area stasiun. Dalam rekaman itu, terlihat ada seorang pria yang mengambil handphone milik korban,” imbuh Kris.

Dalam rekaman CCTV itu diketahui jika pelaku berinisial MW mengambil handphone korban dan kabur dengan menaiki KA Sembrani Ekstra. Pihaknya kemudian memerintahkan petugas Polsuska untuk mengejar pelaku.

“Kita coba kerja sama dengan petugas yang ada di dalam KA Sembrani Ekstra untuk meringkus pelaku. Pelaku akhirnya bisa kita amankan,” ujarnya.

Pelaku lantas diturunkan secara paksa di Stasiun Cepu dan digiring kembali ke Stasiun Tawang. “Kita bawa dia pakai Kereta Sembrani Lebaran relasi Surabaya Pasarturi- Gambir untuk diserahkan ke pihak Polsek Semarang Utara biar dapat diproses lebih lanjut,” bebernya.

Agar kejadian serupa tak terulang lagi, ia menyarankan kepada para penumpang kereta untuk mewaspadai situasi di mana pun berada saat pergi naik kereta api. Lebih baik, katanya penumpang menjaga keselamatan serta barang bawaannya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya