Tutup Iklan

Terduga Teroris Diciduk Densus 88 Antiteror di Jembatan Mojo Solo, Begini Kronologinya

Terduga Teroris Diciduk Densus 88 Antiteror di Jembatan Mojo Solo, Begini Kronologinya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Densus 88 Antiteror menangkap pria bernama Hasbi di Jembatan Mojo, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo.

Solopos.com, SUKOHARJO — Salah satu dari sembilan terduga teroris yang ditangkap Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri dalam penggerebekan serentak di sejumlah daerah di Indonesia, Selasa (24/10/2017), adalah Hasbi alias Hisbullah.

Hasbi ditangkap di Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Kota Solo, Selasa sekitar pukul 10.00 WIB. Hasbi diduga terlibat kelompok teroris Santoso.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa, setelah menangkap Hasbi, tim Densus Mabes Polri langsung menggeledah rumah toko (ruko) Graha Safira A7 dan A8, Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, selama sejam. Penggeledahan itu menyedot perhatian warga setempat maupun pengguna jalan yang melintasi jalur Solo-Sukoharjo.

Mereka berhenti di sekitar lokasi kejadian untuk menonton proses penggeledahan di ruko itu. Kepala Desa Wirun, Erry Suseno Wibowo, mengatakan turut menyaksikan proses penggeledahan di ruko berlantai dua itu.

Petugas menyita sejumlah barang bukti di antaranya bendera bergambar logo ISIS, senjata tajam berupa pedang, busur panah, pisau lipat, dan tiga pelat nomor kendaraan bermotor. Tak hanya itu, petugas juga membawa satu kardus berisi buku jihad dan sejumlah alat komunikasi.

“Saya ikut menyaksikan saat proses penggeledahan di ruko. Ada beberapa barang bukti yang disita polisi seperti pedang dan busur panah,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa.

Erry memastikan Hasbi bukan warga asli Desa Wirun melainkan pendatang. Namun, Erry tak mengetahui secara jelas aktivitas sehari-hari Hasbi. Pemilik ruko tidak melaporkan ihwal pendatang yang menyewa ruko ke Pemerintah Desa Wirun.

Dia juga tak mengetahui secara jelas kapan Hasbi mulai menyewa dan menempati ruko itu. “Pendatang dia bukan warga asli Desa Wirun. Semestinya, pemilik ruko melapor ke pemerintah desa apabila ada pendatang baru,” papar dia.

Seorang warga Graha Safira di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Totok, mengungkapkan Hasbi mulai menyewa ruko sejak Juni lalu. Kala itu, Hasbi telah menempati ruko itu bersama keluarganya. Selama ini, Hasbi jarang bersosialisasi dengan tetangga rumah sehingga mereka tidak mengetahui secara jelas pekerjaan dan kebiasaannya.

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, mengungkapkan hanya memfasilitasi pengamanan saat proses penggeledahan yang dilakukan anggota tim Densus di ruko yang disewa Hasbi. Dia menginstrusikan agar Kapolsek Mojolaban berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Wirun dan pengurus rukun tetangga/rukun warga (RT/RW) sesaat sebelum proses penggeledahan.

“Kami hanya memfasilitasi pengamanan di lokasi penggeledahan. Kepala desa dan pengurus RT/RW telah diberi tahu dan ikut menyaksikan proses penggeledahan,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).

Soal Perizinan Sekolah, Ini Kata Kepsek Bocah Perusak Makam di Mojo Solo

Pihak Kuttab atau lembaga pendidikan dasar tempat 10 anak yang merusak makam di Mojo, Solo, mengatakan sudah mengajukan perizinan sekolah kepada Kemenang.

Pasien Covid-19 Membeludak, RSUD Tugurejo Semarang Akhirnya Dirikan Tenda Darurat

RSUD Tugurejo mulai kehabisan ruang isolasi pasien Covid-19 sejalan membeludaknya pasien. Mereka kini mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien.

10 Bocah Merusak Makam di Mojo Solo, Ini Penjelasan Sekolah

Pihak sekolah tempat 10 bocah pelaku perusakan makam di Solo membantah mengajarkan intoleransi.

Pegawainya Terpapar Covid-19, Kantor Imigrasi Madiun Dilockdown

Kantor Imigrasi Madiun ditutup sementara karena seorang pegawainya positif Covid-19. Kantor akan buka kembali pada Senin (28/6/2021).