Terdampak IPAL RSUD Semanggi, Lahan PDAM Digeser

Terdampak IPAL RSUD Semanggi, Lahan PDAM Digeser

SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan pemasangan tiang pancang seusai Ground Breaking RSUD Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (22/12/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Lahan PDAM Solo digeser karena terkena proyek IPAL RSUD Semanggi.

Solopos.com, SOLO—Lahan milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solo yang digunakan untuk instalasi pengolahan limbah lumpur Semanggi terpaksa digeser Pemkot. Hal ini lantaran terdampak proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Silir, Semanggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan pembangunan IPAL RSUD Semanggi membutuhkan lahan sekitar 400 meter. Lahan tersebut berada di sisi utara RSUD yang kini masih digunakan sebagai pengolahan limbah lumpur oleh PDAM.

“Posisi IPAL RSUD berada di lahan PDAM. Jadi  nanti lahan PDAM akan digeser,” katanya. (baca: ESPOSPEDIA : Dibangun 6 Lantai, Ini Fasilitas RSUD Semanggi Solo)

Sesuai perencanaan, pembangunan IPAL sebagai pemenuhan sarana dan prasarana RSUD. Lahan tersebut akan digunakan untuk pembangunan IPAL cair. Sedangkan IPAL padat sesuai rencana dipihak ketigakan.

“Limbah padat akan diolah di luar. Jadi tidak di lokasi sana,” katanya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menyiapkan lahan pengganti untuk pengolahan limbah lumpur bagi PDAM yang tak jauh dari  lokasi lama. Pemkot memberikan lahan di sisi utara IPAL Semanggi dengan luas 700 meter persegi.

“Jadi lahan PDAM kita tukar dengan lebih luas, dari 400 meter diganti 700 meter persegi,” katanya.

Rudy hanya menginginkan proyek pembangunan RSUD Semanggi berjalan lancar tanpa ada hambatan. Harapannya proyek pembangunan rampung akhir 2018.

Pembangunan RSUD Semanggi dikerjakan secara multiyears (tahun jamak) dengan nilai kontrak Rp192,7 miliar dan jangka waktu pelaksanaan 18 bulan terhitung sejak 8 Desember 2017 hingga 30 Mei 2019.

Skema pembayaran dilakukan tiga tahap, di tahun ini Pemkot mengalokasikan anggaran Rp24 miliar. Di 2018 senilai Rp99 miliar, lalu 2019 senilai Rp69 miliar.

“Kalau bisa selesai akhir 2018 itu lebih baik. Nanti dananya kita usahakan di Perubahan [APBD Perubahan] 2018, jadi tidak perlu sampai 2019,” katanya.

Rudy mengatakan pembangunan RSUD Semanggi akan membuka lapangan pekerjaan bagi warga Kota Bengawan. Setidaknya potensi serapan pekerja bisa mencapai 1.000 orang. Warga di lingkungan sekitar juga dilibatkan dalam pembangunan tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)