SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang melarang perusahaan air minum daerah  (PDAM) setempat mengambil air sungai sebagai bahan baku air minum untuk konsumsi masyarakat atau pelanggan. Air sungai setenpat tercemari pestisida sehingga tidak lagi sehat dikonsumsi masyarakat.

Bupati Batang Suyono di Batang, Kamis (25/4/2019), mengatakan bahwa meski air sungai berwarna jernih tetapi airnya sudah tercemar pestisida tanaman kentang yang berasal dari petani di lereng pegunungan Dieng.  “Air sungai yang mengalir dari atas tersebut sudah terkontaminasi meski warnanya jernih,” katanya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Jumat (26/4/2019).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Ia mengatakan pemkab mengapresiasi PDAM yang telah mengedukasi pada masyarakat tentang pentingnya air dan mengelola air, serta menjaga ekosistem alam.  “Oleh karena, kami mengajak pada masyarakat untuk menjaga ekosistem alam dengan baik agar bisa dimanfaatkan oleh mahluk hidup lainnya,” katanya.

Direktur PDAM Kabupaten Batang Yulianto mengatakan gerakan penanaman bibit pohon dari berbagai jenis ini sebagai upaya menjaga ekosistem alam sekaligus mengantisipasi bencana. “Gerakan penanaman pohon ini, kita menggandeng stakeholder terkait. Selain dari unsur pemerintah, ada juga lembaga swasdaya masyarakat [LSM], ormas pencinta alam dan Pramuka,” katanya.

Ketua Perusahaan Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) Jateng Samino mengatakan perlu ada inovasi dan edukasi bagi masyarakat dalam menjaga lingkungan  dan air dengan menanam bibit pohon dan pembuatan sumur serapan. “Kegiatan menanam pohon merupakan langkah awal jangka panjang dalam menjaga lingkungan alam,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya