Tercebur Sumur, Alhamdulillah Ibu & Anak di Jepara Selamat
Tim SAR gabungan, sukarelawan, dan warga saat mengevakuasi ibu dan anak yang tercebur sumur di Jepara, Senin (28/9/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Seorang ibu di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Izatun Nikmah, 44, dan putrinya, Laila Rahma, 6, warga Bangsri RT 001/RW 005, Desa/Kecamatan Bangsri, tercebur ke sumur, Senin (28/9/2020) dini hari WIB.

Untungnya, ibu dan anak itu berhasil diselamatkan setelah tim SAR (Search And Rescue) melakukan evakuasi.

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Nur Yahya, membenarkan adanya insiden yang menimpa ibu dan anak di Jepara itu. Nur menyebut kejadian itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB.

Waspada! Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Bakal Landa Jateng Selama 3 Hari

“Kali pertama yang mengetahui adalah sang nenek. Nenek mendengar suara teriakan dan rintihan kesakitan minta tolong dari dalam sumur. Ia kemudian memberitahu menantunya [suami korban] untuk memeriksa sumur. Ternyata, didapati istri dan anaknya di dalam sumur,” tutur Nur, Senin siang.

Nur mengatakan tidak ada yang tahu pasti kenapa ibu dan anak itu tercebur ke dalam sumur. Meski demikian, ibu dan anak itu sudah dievakuasi dari dalam sumur dalam kondisi selamat.

“Kedua korban saat ini sudah dibawa ke Puskesmas Bangsri untuk menjalani perawatan,” ujar Nur.

Bansos Covid-19 di Polanharjo Klaten Dibagi Rata, Tukang Bangunan Ini Lapor Polisi

Nur menyebutkan proses evaluasi yang dilakukan tim SAR gabungan dan warga sekitar berlangsung cukup singkat, sekitar lima menit. Proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan tali tambang kepada sang anak lebih dulu.

“Setelah sang anak dievakuasi, baru giliran ibunya. Kita evakuasi dengan menggunakan metode lifting,” jelas Nur.

Maju Pilkada 2020, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni Cuti

Nur menambahkan dalam melakukan evakuasi itu, tim SAR gabungan dari Basarnas Pos SAR Jepara juga dibantu beberapa petugas dari Polsek Bangsri. Sukarelawan dari Jepara Rescue, Ubaloka, dan warga sekitar.

“Terima kasih untuk tim SAR gabungan dan unsur sukarelawan sehingga korban berhasil dievakuasi dengan selamat,” kata Nur.

 

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom