Pelatih Manchester United Jose Mourinho merayakan kemenangan timnya atas Juventus di Juventus Stadium, Turi, Italia, Kamis (8/11/2018) dini hari WIB. (Reuters-Stefano Rellandini)

Solopos.com, MANCHESTER - Jose Mourinho resmi dipecat Manchester United. Mourinho pun meninggalkan catatan yang tak bagus setelah meninggalkan klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Mourinho resmi didepak MU pada Selasa (18/12/2018). Pelatih berjuluk The Special One itu diberhentikan selang dua hari setelah MU dibekuk Liverpool dengan skor 3-1 di Liga Premier Inggris. Kekalahan itu membuat MU tertahan di peringkat keenam klasemen sementara dengan koleksi 26 poin.

MU tertinggal jauh dari Liverpool di puncak klasemen. Jaraknya bahkan mencapai 19 poin. Bahkan dengan Chelsea yang berada di peringkat keempat, MU tertinggal 11 angka. Tak pernah MU seburuk ini mengawali musim Liga Premier Inggris, termasuk saat dilatih David Moyes atau Louis van Gaal.

Fakta-fakta itu lah yang dianggap menjadi alasan pemecatan Mourinho. Selama menukangi MU dua setengah tahun, Mourinho mampu mempersembahkan gelar Liga Europa dan Piala FA. Meski begitu, Mourinho tetap menorehkan catatan buruk dalam karier kepelatihannya.

Mourinho untuk kali pertama gagal mempersembahkan gelar juara liga setelah didepak atau mundur dari timnya. Saat menukangi Porto, Mourinho mampu memenangi dua gelar juara Liga Portugal sebelum akhirnya pindah ke Chelsea.

Bersama The Blues, Mourinho langsung memberikan dua gelar Liga Premier Inggris. Setelah itu, Mourinho pindah ke Inter Milan dan mampu meraih treble winners. Bersama Real Madrid pada 2010 hingga 2013 Mourinho juga berhasil meraih gelar juara Liga Spanyol.

Bahkan saat kembali menukangi Chelsea pada 2013 silam, Mourinho juga sukses mempersembahkan satu gelar Liga Premier Inggris. Cuma di MU, Mourinho gagal meraih trofi liga.

Mourinho memang gagal mempersembahkan gelar juara saat menukangi Benfica dan Uniao de Leiria di Portugal. Tapi di dua klub itu, Mourinho tak melatih semusim penuh. Di Benfica, Mourinho cuma memimpin 11 pertandingan sementara di Uniao dia cuma 20 laga.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten