Terburu-Buru Mewujudkan Ibu Kota Baru Negara

Pembahasan hingga pengesahan RUU IKN menjadi undang-undang hanya butuh waktu 42 hari. Lokasi calon ibu kota baru bukan daerah tak bertuan. Di sana banyak konsesi pertambangan dan kehutanan.

 Desain bagian ibu kota baru negara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Bisnis.com)

SOLOPOS.COM - Desain bagian ibu kota baru negara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Pasar drone atau pesawat nirawak di dunia diprediksi meningkat 13% hingga 15% sepanjang lima tahun ke depan. Perkembangan teknologi drone meningkat pesat setiap tahun. Kebutuhan berkembang serta potensi pemanfaatannya juga terus dikembangkan oleh pribadi maupun perusahaan.

Asia menjadi wilayah yang segera mengalami peningkatan pasar drone secara cukup signifikan. Pasar drone di wilayah Asia antara lain Jepang, China, India, dan kawasan Asia Tenggara. Perusahaan peneliti pasar drone, Droneii, memprediksi pendapatan industri drone akan mencapai $15 miliar pada 2022.

PromosiJatuh Bangun Samsung, Dari Toko Mi Berubah Jadi Raksasa Elektronik

Hal tersebut datang dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan penggunaan jasa drone. Pasar penggunaan jasa drone masih luas karena banyak perusahaan yang masih menganggap teknologi drone sebagai hal yang baru.

Mereka berpandangan daripada mengambil risiko yang tinggi saat mengoperasikan drone karena kurangnya pengetahuan, lebih baik  perusahaan menggunakan pihak ketiga jasa layanan penggunaan drone. Data selengkapnya bisa dibaca di Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat.

Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) disahkan tanpa hambatan. Pembahasan RUU dalam waktu sangat singkat. Pemerintah memutuskan penggunaan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) dalam pembangunan IKN.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hanya membutuhkan 42 hari untuk mengesahkan RUU IKN. Itu terhitung sejak dibentuknya panitia khusus (pansus) RUU IKN pada 7 Desember 2021 lalu. Kurang dari dua bulan berselang, tepatnya Selasa (18/1/2022), rapat paripurna DPR mengesahkan RUU itu menjadi undang-undang.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai begitu cepatnya pembahasan RUU IKN secara maraton sejak Desember 2021 mirip pola pembahasan RUU Cipta Kerja pada 2020 lalu. RUU Cipta Kerja minim konsultasi publik hingga belakangan dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Kisah selengkapnya bisa dibaca di Mengukur Urgensi Dana APBN untuk Proyek IKN dan di Terburu-Buru Menuju Bonus Sambal Terong.

Konsep pembangunan Kota Solo yang berkelanjutan atau sustainable mengemuka dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, di Hotel Paragon, Kota Solo, Selasa (18/1/2022).

Dalam diskusi kelompok terbatas tersebut akademisi lingkungan dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Widhi Himawan, mengatakan penting merancang pembangunan kota yang berkelanjutan.  Tujuannya menciptakan kota yang inklusif.

Pembangunan kota tak boleh hanya menguntungkan satu sektor. Pembangunan kota harus merangkul semua elemen masyarakat kota tersebut. Pembangunan jalan dengan konstruksi paving harus diupayakan memperhatikan ruang resapan air demi mencegah banjir. Silakan menelaah secara lengkap di Kota Solo Menuju Kota Berkelanjutan yang Benar-Benar Inklusif.

Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong peningkatan produktivitas porang untuk menopang ketahanan pangan nasional. Kementan membutuhkan lebih banyak benih porang untuk menambah jumlah produksi.

Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mendapat tantangan dari Kementan untuk menyediakan benih porang hingga 100.000 ton. Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan peta kebutuhan benih porang se-Indonesia menurut Kementan mencapai 100.000 ton.

Pemerintah Kabupaten Madiun ditantang menyediakan benih porang varietas Madiun-1 untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ketersediaan benih ini sangat penting karena Kementan mengarahkan porang  menjadi bagian ketahanan pangan nasional. Data lengkap bisa dibaca di Mendorong Porang untuk Menopang Ketahanan Pangan.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

 

 

 

 

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kisah Bandar Candu Opium Raksasa dari Solo yang Memasok Seluruh Jawa

+ PLUS Kisah Bandar Candu Opium Raksasa dari Solo yang Memasok Seluruh Jawa

Surakarta atau Solo sempat menjadi tempat tinggal bandar candu atau opium raksasa yang sanggup memasok dan menguasai hampir perdagangan candu di seluruh Pulau Jawa, sekitar 1860-an, dimana kala itu, menghisap candu menjadi hal wajar dan legal.

Berita Terkini

Akun Medsos Pejabat Singapura Diserbu Pendukung UAS

Hal itu merupakan buntut dari deportasi yang dilakukan Singapura terhadap UAS pada Senin (16/5/2022) lalu.

Fahri Hamzah: Pejabat Singapura Idap Islamphobia

Fahri Hamzah menilai pejabat Singapura mengidap  islamophobia lantaran menolak Ustaz Abdul Somad (UAS) masuk ke negara tersebut, beberapa hari lalu.

Kejagung Segera Tangkap Semua Tersangka Mafia Minyak Goreng

Febrie menyebutkan tersangka Lin Che Wei sempat membagikan uang hasil kejahatan mafia minyak goreng ke sejumlah pihak.

Dicap Halu, Yusuf Mansur: Saya Sedang Mengajari Bangsa Ini Bermimpi

Yusuf Mansur mengatakan, dirinya sedang mengajari bangsa Indonesia bermimpi agar mencapai taraf kehidupan yang lebih baik. 

Tampil di Youtube Anak, Yusuf Mansur Sebut Dirinya Asal Ngomong

Yusuf Mansur mengaku dirinya bukan orang yang pandai, karenanya ia tidak banyak berpikir tapi banyak bertindak.

Menteri Muhadjir Sarankan UAS Jaga Lisan Agar Tak Diusir Singapura

Muhadjir Effendy menyarankan UAS untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain.

Terduga Pembunuh Perempuan Muda di Kebumen Ternyata Sang Kekasih

R diketahui tinggal di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, yang tidak lain merupakan kekasih korban.

Polisi Pengedar Narkoba Coba Bunuh Diri di Sel

Kepala Badan Nasional Narkotika Provinsi Kalimantan Barat, Budi Wibowo, membenarkan informasi adanya polisi yang mencoba bunuh diri.

Pendukung ISIS di Poso Serahkan Diri ke Polisi

Mrw, warga Desa Bega, Kecamatan Poso Pesisir menyerahkan diri di Desa Bahoea Reko, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali.

PPDB SD Online di DKI Jakarta Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Calon Peserta Didik Baru (CPDB) diwajibkan melakukan pengajuan akun dan melewati tahapan PPDB secara online.

IDI dan 4 Dokter Radiologi Digugat Rp50 Miliar

Perkumpulan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) menggugat IDI dan empat dokter spesialis radiologi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Stok Melimpah, Jokowi Kembali Buka Ekspor Minyak Goreng

Menurut Jokowi, dirinya kembali membuka ekspor minyak goreng karena pasokan di pasar melimpah pada bulan ini.

Fajar Kebangkitan Industri Penerbangan Makin Terang

Pemulihan industri penerbangan telah mulai di sejumlah negara. Mudik Lebaran 2022 menjadi laksana fajar merekah pertanda pemulihan industri penerbangan domestik Indonesia.

Sosok Lin Che Wei, Pembongkar Kasus Lippo yang Terjerat Kasus Migor

Analisis Lin Che Wei sempat menuai kontroversial karena membongkar skandal di Bank Lippo pada 2003.

Dea Onlyfans Hamil dan Minta Tak Ditahan, Ini Aturan Hukumnya

Dea OnlyFans meminta polisi tidak menahannya karena dirinya sedang berbadan dua.

Keren! Pemilik Miyago Naknan Dapat Suntikan Dana dari Menteri Investasi

Bukan hanya pemilik Miyago Naknan, terdapat tiga mahasiswa lainnya yang juga memperoleh suntikan dana segar dari Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.