SOLOPOS.COM - Logo ATP dan Davis Cup yang akan mulai berkolaborasi 2023 (Antara/Gilang Galiartha)

Solopos.com, JAKARTA – Asosiasi dan penyelenggara turnamen tenis profesional putra ATP mengumumkan untuk kali pertama akan memasukkan ajang tenis beregu putra tingkat dunia Davis Cup sebagai bagian dari kalender tur mulai 2023.

Tidak hanya itu, kemitraan tersebut juga menggandeng federasi tenis internasional (ITF) dan penyelenggara ajang tenis Kosmos Tennis untuk memungkinkan kolaborasi strategis pada tata kelola kompetisi.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Kualifikasi dan final Davis Cup menjadi bagian resmi dari kalender Tur ATP 2023, yang berlangsung pada pekan ke-5, ke-37 dan ke-47.

Integrasi tersebut akan mendukung petenis dalam merencanakan jadwal tahunan mereka ketika dipilih untuk bermain di tim nasional Davis Cup mereka. Final akan berlanjut di bawah format yang ada, menawarkan hadiah uang senilai US$15 juta atau setara Rp234 miliar pada 2023.

“Fokus kami selalu menciptakan pengalaman terbaik bagi para penggemar dan pemain kami. Menghadirkan kompetisi tim internasional yang menarik yang sesuai dengan kalender sepanjang tahun dan terus berinovasi adalah bagian penting dari itu,” kata Ketua ATP Andrea Gaudenzi, dikutip Antara, Senin (31/10/2022).
“Davis Cup memiliki sejarah yang sangat kaya dan kami senang melihat aliansi baru yang penting ini mendorong acara ini mulai tahun 2023,” ujarnya.

Pengumuman tersebut, menurut Presiden ITF David Haggerty, menandai aliansi baru yang penting antara ITF, Kosmos dan ATP yang semakin memperkuat pentingnya kompetisi tim dan peran unik Davis Cup dalam tenis putra profesional.

Baca Juga: Indonesia Raih Satu Gelar dari Turnamen Tenis Sportama Junior ITF J5

“Bagian dari jalur kualifikasi Olimpiade, Davis Cup adalah kompetisi tim pria tahunan terbesar dalam olahraga dan kompetisi tim pria tunggal dalam kalender tenis pro di mana tim secara resmi dipilih oleh negara mereka,” kata David.

“Bersama dengan Piala Billie Jean King putri, ini menunjukkan komitmen penuh ITF untuk menghadirkan turnamen spektakuler yang disukai para pemain dan pertarungan seru antar negara yang disukai penggemar di stadion dan seluruh negara,” imbuhnya.

Davis Cup mencatat tingkat partisipasi nasional tertinggi dalam sejarah pada 2022, dengan 137 negara bersaing dalam edisi tahun ini di seluruh tingkat kompetisi. Piala Davis ITF berjalan bersama saudara kandungnya, piala dunia tenis putri, Billie Jean King Cup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya