SOLOPOS.COM - Kantor Bawaslu Klaten. (Instagram @bawaslukabklaten)

Solopos.com, KLATEN — Masa pendaftaran peserta seleksi calon anggota Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia periode 2023-2028 bakal ditutup pada Rabu (7/6/2023).

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram resmi Bawaslu Klaten @bawaslukabklaten, hingga Senin (5/6/2023), tercatat ada 121 pendaftar untuk Bawaslu kabupaten/kota di Soloraya yang masuk zona III.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari jumlah itu, Bawaslu Klaten mencatatkan jumlah pendaftar terbanyak mencapai 30 orang. Ke-30 pendaftar itu terdiri atas 20 laki-laki dan 10 perempuan.

Berikutnya Bawasalu Karanganyar dengan 19 pendaftar terdiri atas 16 laki-laki dan tiga perempuan. Lalu pendaftar anggota Bawaslu Sragen ada 18 orang meliputi 17 laki-laki dan satu perempuan.

Di urutan selanjutnya ada Bawaslu Boyolali dengan 16 pendaftar terdiri atas 13 laki-laki dan tiga perempuan. Kemudian Bawasalu Wonogiri sebanyak 15 pendaftar terdiri atas 13 laki-laki dan dua perempuan.

Bawaslu Kota Solo di urutan berikutnya dengan 14 pendaftar terdiri atas delapan laki-laki dan enam perempuan. Terakhir Bawaslu Sukoharjo dengan jumlah pendaftar sebanyak sembilan orang yang terdiri atas enam laki-laki dan tiga perempuan.

pendaftar anggota bawaslu
Update jumlah pendaftar peserta seleksi calon anggota Bawaslu kabupaten/kota di Soloraya. (Instagram @bawaslukabklaten)

Pendaftaran peserta seleksi calon anggota bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia dibuka sejak 29 Mei 2023. Untuk wilayah Jawa Tengah seleksi dibagi menjadi enam zona di mana wilayah Soloraya masuk Zona III.

Sekretariat tim seleksi untuk zona III berada di Kusuma Sahid Prince Hotel (Ruang Anggrek), Jl Sugiyopranoto, Kampung Baru, Pasar Kliwon, Solo. Pelamar bisa memperoleh formulir berkas administrasi di sekretariat tersebut atau di website resmi Bawaslu kabupaten/kota.

Pelamar juga dapat melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi pelamar sebagai dasar penilaian dalam seleksi administrasi.

Dokumen pendaftaran selanjutnya dapat dikirim langsung ke Sekretariat Tim Seleksi pada hari dan jam kerja atau bisa juga lewat pos kilat khusus ke Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Zona III dengan cap pos paling lambat 7 Juni 2023.

Pelamar calon anggota Bawaslu Boyolali wajib menyiapkan softcopy/scan seluruh dokumen pendaftaran dalam bentuk format file pdf. Pendaftar yang mengirimkan dokumen secara langsung wajib melakukan registrasi dan mengunggah berkas pendaftaran secara daring di laman http://sdmod.bawaslu.go.id/ secara mandiri.

Dokumen pendaftaran dibuat masing-masing rangkap tiga, terdiri dari satu asli dan dua salinan. Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya