SOLOPOS.COM - Masjid Al Aqsha di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. (Klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Kabupaten Klaten ternyata menjadi kabupten dengan jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah (Jateng).

Angka itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng yang dihimpun dari Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan data BPS Jateng yang diakses di laman Jateng.bps.go.id, Senin (16/5/2022), ada 2.929 masjid yang tersebar di kabupaten pimpinan Sri Mulyani tersebut.

Namun dengan jumlah masjid yang banyak, jumlah musala di Klaten justru lebih sedikit. BPS Jateng mencatat hanya ada 1.716 musala di Kabupaten Klaten.

Baca Juga: Bukan Demak atau Kudus, Ini Daerah dengan Kiai Terbanyak di Jateng

Sementara itu, daerah dengan masjid paling sedikit di Jateng adalah Kota Tegal, yaitu 157 unit masjid.

Sedangkan jumlah musala paling banyak berdasarkan data BPS Jateng ternyata ada di Kabupaten Grobogan yang mencapai 5.868 unit. Di sisi lain, jumlah masjid di Kabupten Grobogan tercatat ada 1.476.

Baca Juga: Kenapa Pati Dijuluki Kota Paranormal?

Di sisi lain, daerah di Jateng dengan jumlah musala paling sedikit ada di Kota Magelang, yaitu di angka 73. Namun angka-angka tersebut merupakan data BPS Jateng yang dimungkinkan masih banyak masjid dan musala yang masih luput dari pendataan.

Berikut daftar jumlah masjid dan musala di Jateng berdasarkan data BPS 2021 dengan Klaten menjadi yang terbanyak masjidnya:

jumlah masjid di klaten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya