Terbanyak di Jateng, Segini Jumlah Kiai di Pati

Kabupaten Pati ternyata menjadi wilayah yang memiliki jumlah kiai terbanyak di Jawa Tengah (Jateng).

 Masjid Agung Baitunnur Pati (Instagram/@masjidinfo.id)

SOLOPOS.COM - Masjid Agung Baitunnur Pati (Instagram/@masjidinfo.id)

Solopos.com, SRAGEN — Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ternyata menjadi wilayah yang memiliki jumlah kiai terbanyak. Jumlahnya bahkan jauh lebih banyak dari kiai yang berada di Kabupaten Demak dan Kudus yang dikenal sebagai kota santri.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng yang diakses di laman Jateng.bps.go.id, Kamis (12/5/2022), wilayah dengan pemuka agama Islam terbanyak adalah Kabupaten Pati.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Berdasarkan data BPS Jateng per 2021, ada 770 kiai, ustaz, dan pemuka agama Islam di Pati. Angka itu sangat jauh jika dibandingkan dengan jumlah pemuka agama di Kabupaten Demak dan Kabupaten Kudus yang dikenal sangat kental dengan Islam.

Tercatat ada 133 pemuka agama di Kabupaten Demak dan 108 pemuka agama di Kabupaten Kudus. Wilayah di Jateng dengan jumlah kiai dan ustaz paling sedikit adalah Kota Magelang yang hanya di angka delapan.

Namun demikian, jumlah tersebut merupakan data resmi BPS Jateng yang bersumber dari data Kementerian Agama (Kemenag). Dimungkinkan masih banyak pemuka agama Islam di Jawa Tengah yang luput dari pendataan.

Baca juga: Kisah Juru Kunci Makam Bupati Pertama Wonogiri yang Kini Tak Digaji

Wisata Religi Pati

Kabupaten Pati yang dikenal dengan julukan Hogwarts van Java dan kental dengan nuansa sakral ini ternyata memiliki sejumlah destinasi wisata religi.

Mulai dari makam Syakh Jangkung di Desa Londoh, Kecamatan Kayen, yang hampir setiap hari didatangi peziarah. Konon, Syekh Jangkung adalah tokoh spiritual yang ikut andil menyebarkan Islam di Pati.

Selanjutnya ada Masjid Agung Pati yang didesain unik. Dilansir dari laman Patikab.go.id, keunikan Masjid Agung Pati di antaranya yaitu kombinasi apik antara marmer putih pada lantai dan dinding bagian depan yang terpadu dengan ornamen kayu yang berwarna coklat.

Baca juga: Bukan Demak atau Kudus, Ini Daerah dengan Kiai Terbanyak di Jateng

Pati juga menyimpan peninggalan kejayaan Majapahit berupa pintu gerbang yang berada di DesaMuktiharjo, Kecamatan Margorejo. Menurut legenda yang berkembang, pintu ini awalnya diambil alih oleh Raden Bambang Kebonyabrang sebagai syarat agar diakui sebagai anak Sunan Muria.

Sunan memerintahkan Kebonyabrang mengambil pintu gerbang Majapahit untuk menguji kesaktiannya. Pintu itu nantinya digunakan sebagai gerbang bagi masjid di Gunung Muria. Kebonyabrang berhasil mengambil pintu gerbang namun hanya mampu membawanya hingga Desa Muktiharjo.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Bupati Akan Lantik Pejabat di Lingkungan Pemkab Grobogan Hasil Tes

Sesuai jadwal Bupati Grobogan Sri Sumarni akan melantik sejumlah pejabat untuk posisi jabatan pemimpin tertinggi pada Jumat (1/7/2022).

Mantan Direktur BPR BKK Karanganyar Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Dua mantan Direktur PD BPR BKK Karanganyar dituntut hukuman 7,5 tahun penjara atas dugaan korupsi penyaluran kredit.

Brrr! Embun Upas Mulai Muncul di Dieng, Tanda-Tanda Musim Kemarau

Fenomena embun upas di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), telah muncul yang menandakan dimulainya musim kemarau.

Astaghfirullah! 5.182 Balita di Batang Alami Stunting

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), menyebut ada sekitar 5.182 balita di wilayahnya yang mengalami stunting.

Pengumuman PPDB SMP Kota Semarang 2022 Dini Hari Nanti, Ini Linknya

Pengumuman penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang SMP negeri di Kota Semarang akan dilakukan secara online mulai dini hari nanti atau Jumat (30/6/2022) pukul 00.00 WIB.

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Viral Dugaan Perawat Lecehkan Pasien, Ini Kata RSUD Kartini Jepara

RSUD RA Kartini Jepara angkat bicara terkait viral pemberitaan dari media sosial Twitter terkait dugaan perawat di rumah sakitnya melakukan pelecehan seksual terhadap pasien.

Cek! 63.717 Peserta Lulus UM-PTKIN 2022, Ada Nama Kalian?

Pengumuman UM-PTKIN 2022 mencantumkan 63.717 peserta yang lolos atau diterima di sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Rumah Zakat Salurkan 400 Paket Superqurban ke Suku Samin Blora

Diharapkan dengan adanya Ekspedisi Superqurban yang dilakukan Rumah Zakat membawa kebahagian untuk warga suku Samin.

Ini 5 SMP di Semarang Paling Banyak Diminati pada PPDB 2022

Berikut daftar lima SMP negeri di Kota Semarang yang paling banyak diminat calon peserta didik dalam PPDB 2022.

Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.

Dianggap Liar, Tempat Karaoke di Terminal Purwodadi Bakal Digusur

Tempat karaoke di kawasan Terminal Induk Purwodadi, Grobogan, bakal digusur karena dianggap tidak mengantongi izin operasi.

37 Desa di Temanggung Gelar Pilkades Serentak, 1.601 Petugas Dikerahkan

Pilkades serentak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), akan digelar pada 30 Juni 2022.

Kerap Dirazia Satpol PP, PSK Jalanan Semarang Pasang Tarif Segini

Praktik prostitusi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kerap dirazia Satpol PP Kota Semarang karena berlangsung di jalanan.

Lahan Dipatok BBWS, Petani Penggarap Datangi Kantor BPN Grobogan

Belasan petani penggarap datangi Kantor Pertanahan Grobogan untuk meminta informasi kemungkinan tanah garapan mereka dibuatkan sertifikat.

Piknik Yuk! Ini Objek Wisata di Ambarawa yang Seru

Berikut daftar tempat wisata di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang layak dikunjungi untuk liburan.