Tutup Iklan

Terasi Bawa Siswa SMK di Jepara Juarai AHM Best Student

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Siswa SMK 1 Batealit, Jepara, Jawa Tengah (Jateng), Rizal Alamsyah, menyabet gelar juara AHM Best Student (AHMBS) 2019 yang digelar Astra Honda Motor (AHM) di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Rizal yang tampil mewakili main dealer sepeda motor Honda di Jateng, Astra Motor Jateng, menjadi juara melalui karyanya yang berjudul ‘Olahan Terasi Berteknologi Osmosi’. Selain meraih predikat Best of the Best dalam AHMBS 2019, Rizal juga berhak membawa satu unit Honda Beat dan hadiah spesial lainnya.

Kepala Wilayah Astra Motor Jateng, Ronaldo Widjaja, mengaku bangga dengan prestasi siswa SMK asal Jepara itu.

“Kreativitas dari generasi milenial merupakan aset yang dapat berkontribusi positif untuk masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia. Prestasi ini sangat membanggakan bagi Astra Motor Jateng, karena kami dapat mengantarkan Rizal dan bisnisnya ke kompetisi nasional. Semoga ajang ini bisa terus dilaksanakan untuk melahirkan banyak entrepreneur muda,” ujar Ronaldo dalam keterangan resmi.

Di tahun pelaksanaan ke-17 ini, AHMBS mengusung tema Creativepreneur Gen Millenial. Tema ini menjadi penegas AHMBS sebagai kegiatan yang sangat kompetitif dengan peserta terbaik, yakni wirausaha kreatif dari generasi milenial dan berkarakter, kreatif, percaya diri, serta akrab dengan teknologi, khususnya media sosial.

Ke-25 peserta AHMBS 2019 merupakan entrepreneur kreatif muda, cerdas, dan menginspirasi yang telah melalui seleksi ketat di masing-masing daerah asalnya, dan telah mengalahkan 411 peserta lain yang tersebar di 222 sekolah di Indonesia.

Hasil karya yang lolos menuju seleksi nasional meliputi berbagai bidang, seperti kuliner, pengolahan limbah, agrobisnis, kecantikan, kesehatan, fashion, hingga jasa.

Dalam proses penjurian final di Jakarta, karya 25 siswa terbaik diverifikasi tim AHM bersama PPM School of Management. Semua siswa wajib melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Penilaian didasarkan berbagai aspek, seperti kegigihan dalam mengembangkan usaha bisnsis, kreativitas dan inovasi bisnis, kinerja bisnis, pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran, prospek bisnis di masa datang dan kemampuan memaparkan bisnis.

Setelah melalui tahapan seleksi, terpilih 6 orang siswa peserta AHMBS untuk maju ketahap terakhir, yaitu presentasi final di hadapan dewan juri dan disaksikan peserta lain. Pada tahapan ini lah para dewan juri berdiskusi panjang sebelum akhirnya memutuskan, Rizal sebagai pemenang AHMBS 2019.

 “Tentu saja saya seneng sekali, enggak menyangka bisa menang. Pokoknya saya dari seleksi Jateng ke nasional optimistis terus. Pastinya bisnis terasi ini tidak akan berhenti di ajang AHMBS, tapi saya akan ekspor ke Malaysia dan Jepang,” ujar Rizal.

Semua peserta finalis AHMBS 2019 yang masuk dalam babak final (25siswa) juga berhak mendapatkan beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp54 juta. AHMBS 2019 turut didukung oleh Yayasan AHM dan juga anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Sekolah di Kudus Tetap Beri Siswa Libur saat Nataru

Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus tidak akan mengubah jadwal libur sekolah saat masa libur Nataru atau akhir tahun, meskipun Kemendikbudristek telah memberikan imbauan.

Buruh di Tangerang Unjuk Rasa Tuntut Kenaikan UMK 10%, Ini Foto-Fotonya

Protes buruh atas keputusan Gubernur Bantenmengenai UMK Provinsi Banten 2022

Bakul Tengkleng Ngepruk Harga Jadi Viral, PKL Solo Baru Khawatir

Warung tengkleng yang viral karena dianggap ngepruk alias memasang harga tidak masuk akal membuat PKL lain di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, khawatir.

Disekap, Mahasiswi Korban Pelecehan Dosen Diselamatkan Dosen Lain

Korban meyakini penyekapan itu bermaksud mengintimidasi dia karena telah melaporkan oknum dosen berinisial R di Fakultas Ekonomi itu atas kasus pelecehan seksual.

Ini Alasan Pria Pengangguran di Madiun Sering Dolan ke Gudang Ekspedisi

Satreskrim Polres Madiun Kota menangkap pria pengangguran, ANH, 36, yang kerap berkunjung ke gudang perusahaan ekspedisi karena diduga mencuri puluhan handphone dari gudang tersebut.

Lindungi Keluarga Lindungi Indonesia, Kominfo: Waspada Omricon

Pemerintah melalui Kemkominfo mengajak masyarakat untuk melindungi keluarga, karena sama halnya melindungi Indonesia dari omricon.

SMK Muhima Purwantoro Wonogiri Kampanyekan Gerakan Antiperundungan

Para siswa diberi pemahaman tentang bentuk dan dampak buruk perundungan atau bullying untuk mencegah terjadinya perundungan.

Ekspedisi Ekonomi Digital, Suspensi Mitsubishi Xpander Unggul di Tol

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group telah tiba di Jakarta untuk melakukan beragam agenda liputan.

Cekposisi, Cara Cari Tempat Aman dari Erupsi Gunung Semeru

Aplikasi membantu mengetahui posisi aman dan rawan dari erupsi Gunung Semeru.

Ngaku Rugi, Bandara YIA Bakal Lakukan Pengurangan Karyawan

PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) mengaku mengalami kerugian hingga berencana melakukan pengurangan pegawai atau karyawan.

Aksi Pencuri Bebek di Jenengan Boyolali Terekam Kamera CCTV

Aksi warga Polanharjo, Klaten, AS, 38, mencuri bebek milik Priyadi, 42, warga Dukuh Jenengan RT 003/RW 001, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali, Senin sekitar pukul 02.30 WIB, terekam kamera CCTV.

Pemkab Karanganyar akan Galang Dana untuk Korban Erupsi Semeru

Pemkab Karanganyar akan galang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru. Penggelangan dana dimulai dari kalangan ASN Pemkab.

Pakai Kalung Bandul Rajamala, Wali Kota Solo Gibran Tuai Pujian

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menuai pujian dari kalangan pencinta sejarah gara-gara tampil dengan mengenakan kalung berbandul replika Rajamala.

Polsek Miri Sragen akan Siagakan Lagi Posko Penanganan Covid-19

Polsek Miri memperkirakan banyak warga Miri yang nekat mudik pada akhir tahun ini berkaca pada pengalaman Idulfitri lalu.

Keren! Kompleks Balai Kota Jogja Dilengkapi Parkir Vertikal

Pembangunan parkir vertikal itu menyesuaikan kondisi, karena tempat parkir yang minim di area Balai Kota Jogja.