Terasi Bawa Siswa SMK di Jepara Juarai AHM Best Student

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Siswa SMK 1 Batealit, Jepara, Jawa Tengah (Jateng), Rizal Alamsyah, menyabet gelar juara AHM Best Student (AHMBS) 2019 yang digelar Astra Honda Motor (AHM) di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Rizal yang tampil mewakili main dealer sepeda motor Honda di Jateng, Astra Motor Jateng, menjadi juara melalui karyanya yang berjudul ‘Olahan Terasi Berteknologi Osmosi’. Selain meraih predikat Best of the Best dalam AHMBS 2019, Rizal juga berhak membawa satu unit Honda Beat dan hadiah spesial lainnya.

Kepala Wilayah Astra Motor Jateng, Ronaldo Widjaja, mengaku bangga dengan prestasi siswa SMK asal Jepara itu.

“Kreativitas dari generasi milenial merupakan aset yang dapat berkontribusi positif untuk masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia. Prestasi ini sangat membanggakan bagi Astra Motor Jateng, karena kami dapat mengantarkan Rizal dan bisnisnya ke kompetisi nasional. Semoga ajang ini bisa terus dilaksanakan untuk melahirkan banyak entrepreneur muda,” ujar Ronaldo dalam keterangan resmi.

Di tahun pelaksanaan ke-17 ini, AHMBS mengusung tema Creativepreneur Gen Millenial. Tema ini menjadi penegas AHMBS sebagai kegiatan yang sangat kompetitif dengan peserta terbaik, yakni wirausaha kreatif dari generasi milenial dan berkarakter, kreatif, percaya diri, serta akrab dengan teknologi, khususnya media sosial.

Ke-25 peserta AHMBS 2019 merupakan entrepreneur kreatif muda, cerdas, dan menginspirasi yang telah melalui seleksi ketat di masing-masing daerah asalnya, dan telah mengalahkan 411 peserta lain yang tersebar di 222 sekolah di Indonesia.

Hasil karya yang lolos menuju seleksi nasional meliputi berbagai bidang, seperti kuliner, pengolahan limbah, agrobisnis, kecantikan, kesehatan, fashion, hingga jasa.

Dalam proses penjurian final di Jakarta, karya 25 siswa terbaik diverifikasi tim AHM bersama PPM School of Management. Semua siswa wajib melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Penilaian didasarkan berbagai aspek, seperti kegigihan dalam mengembangkan usaha bisnsis, kreativitas dan inovasi bisnis, kinerja bisnis, pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran, prospek bisnis di masa datang dan kemampuan memaparkan bisnis.

Setelah melalui tahapan seleksi, terpilih 6 orang siswa peserta AHMBS untuk maju ketahap terakhir, yaitu presentasi final di hadapan dewan juri dan disaksikan peserta lain. Pada tahapan ini lah para dewan juri berdiskusi panjang sebelum akhirnya memutuskan, Rizal sebagai pemenang AHMBS 2019.

 “Tentu saja saya seneng sekali, enggak menyangka bisa menang. Pokoknya saya dari seleksi Jateng ke nasional optimistis terus. Pastinya bisnis terasi ini tidak akan berhenti di ajang AHMBS, tapi saya akan ekspor ke Malaysia dan Jepang,” ujar Rizal.

Semua peserta finalis AHMBS 2019 yang masuk dalam babak final (25siswa) juga berhak mendapatkan beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp54 juta. AHMBS 2019 turut didukung oleh Yayasan AHM dan juga anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Gelar Sukmawati Soekarnoputri Setelah Menganut Agama Hindu

Putri Presiden Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, resmi menjadi penganut agama Hindu setelah menjalani prosesi upacara Sudhi Wadani.

Dosen UGM Komentari Kasus Menwa UNS Solo: Hapus Militerisme di Kampus!

Pengajar senior yang juga Kepala Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM, Najib Azca, ikut mengomentari kasus Menwa UNS Solo.

Sejarah Sirkuit Internasional di Bintan Batam Dimulai dari Sekarang

Sirkuit kelas internasional di Bintan, Batam, bakal dibangun dan ditarget selesai tahun 2023.

Solo Youth Edutech Festival 2021 Digelar Model Hybrid, Begini Konsepnya

YRP Solo mengadakan Solo Youth Edutech Festival 2021 mulai Selasa hingga Jumat menggunakan konsep hybrid, yakni secara virtual dan tatap muka langsung.

Sejarah Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Dihelat di Jakarta

Aneka peristiwa terjadi di dunia pada 27 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya terkait dimulainya Kongres Pemuda II di Jakarta.

Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menonton film dokumenter tentang eks napiter yang berusaha kembali ke masyarakat saat berkunjung ke Sukoharjo.

Smartphone Sadis, Sony Xperia Pro-I Seharga Rp25 Jutaan Dirilis

Sony Xperia Pro-I resmi diluncurkan dibanderol $1.799,99.

Ini Target Waktu Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo Seksi 1

Proses pembebasan lahan jalan tol Jogja Solo di Purwomartani, Kalasan sudah menyerap anggaran Rp344 miliar.

5 Bocah Main Air di Sungai, 1 Hilang

Keceriaan lima bocah itu berubah menjadi malapetaka setelah terdengar suara teriakan minta tolong dari para korban.

PLTSa Putri Cempo Solo, Puluhan Kontainer Material Mulai Berdatangan

Investor pembangunan PLTSa Putri Cempo Solo mendatangkan puluhan kontainer material dari India, China, dan Austria.

Ustaz di Lampung Unggah Video Dibegal, Eh Ternyata Abal-Abal

Karena menyebut nama Lampung, video rekayasa pembegalan itu dianggap membikin resah.

Nekat Goda Pacar Orang, Pria di Sidoarjo Jawa Timur Tewas Dikeroyok

Nekat goda pacar orang, seorang pemuda meninggal setelah menjadi korban pengeroyokan di kawasan GOR Sidoarjo, Jawa Timur.

Jumlah Subscriber Atta Halilintar Naik Pesat, Ini Kuncinya

Meski mengaku tak lagi ngaya, kenyataannya jumlah subscriber di channel Youtube Atta Halilintar tetap saja bertambah.

Langgar PPKM, Holywings dan Kafe Marabunta di Semarang Disegel

Dua kafe di Semarang, yakni Holywings dan Marabunta, disegel polisi karena melanggar aturan PPKM level 1 dengan buka lebih dari pukul 24.00 WIB.

Ini Skema Hyundai Hadapi Penyetopan Mobil Bensin-Solar Tahun 2050

Skema Hyundai hadapi kebijakan penyetopan penjualan mobil berbahan bakar bensin dan solar.

Pekan Terakhir Solo Great Sale 2021, Banjir Promo Diskon hingga 50%

Sejumlah merchant memberikan beragam promo hingga diskon 50% pada pekan terakhir penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021.