Tutup Iklan

Teras Rumahmu Sempit? Ini 6 Tips Menata Teras Supaya Rapi

Sebagai area yang pertama kali dilihat oleh tamu, penting untuk menata dan membersihkan teras agar tampak rapi dan enak dipandang mata.

 Ilustrasi menata teras sempit (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menata teras sempit (freepik)

Solopos.com, SOLO – Teras adalah area di luar rumah. Kebanyakan orang enggan untuk memperhatikan kondisi dan keadaannya. Hal itu karena setiap anggota keluarga menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam rumah.

Sebagai area yang pertama kali dilihat oleh tamu, penting untuk menata dan membersihkan teras agar tampak rapi dan enak dipandang mata. Tamu yang berkunjung ke rumah pun akan merasa dijamu dengan baik. Namun kondisi teras yang sempit akan membuatmu kesulitan menata teras. Apalagi kalau sudah berurusan dengan pemilihan furnitur, posisi furnitur, dan sebagainya. Nah berikut ini enam tips menata teras supaya tampak rapi, dikutip dari Liputan6.com, Jumat (09/07/2021):

Baca Juga: Inilah Tren Desain Interior 2021 Menurut Para Ahli

1.Penataan tanaman hias
Meletakkan tanaman hias di teras mungkin menjadi hal wajib yang kamu lakukan untuk mempercantik tampilan teras. Tanaman hias memang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap tamu yang berkunjung ke rumah. Pemilihan tanaman hias harus kamu sesuaikan dengan ruang yang tersedia di teras. Jangan terlalu besar sehingga teras malah terasa sempit, dan terlalu kecil sehingga tidak bisa dijangkau oleh mata yang memandang. Jika perlu, letakkan tanaman hias yang digantung supaya tidak memakan tempat terlalu banyak di teras. Kamu juga harus menyesuaikan warna dedaunan tanaman hias beserta potnya dengan warna tembok maupun dekorasi yang lainnya agar serasi.

2.Tempatkan dekorasi yang tepat
Kenyamanan sebuah teras tidak ditentukan dari seberapa banyak dekorasi yang ada di sana. Teras yang sempit sebaiknya dihias dengan dekorasi secukupnya namun tetap indah. Misalnya, satu guci besar dan lukisan bisa jadi pilihan bagus. Ini akan membuat teras kamu terasa lebih rapi dan sedap dipandang. Kalau kamu mendekornya secara berlebihan, teras yang ukurannya biasa saja akan terasa lebih sempit. Untuk itu, sebaiknya pilih dekorasi dengan ukuran yang proporsional agar memiliki lebih banyak ruang bersantai.

Jangan Abaikan Pencahayaan

3.Gunakan furnitur khusus teras
Teras adalah ruangan bagian luar rumah yang tidak terlindungi sebaik ruangan yang ada di dalam rumah. Untuk itu kamu perlu memilih furnitur khusus luar ruangan agar tidak cepat rusak dan mudah dirawat. Memiliki teras rumah minimalis yang sempit, perlu mempertimbangkan ukuran furnitur yang akan digunakan. Kamu bisa memilih furnitur tanpa lengan dengan garis-garis sederhana dan sandaran rendah. Selain itu, pilih furnitur dengan fungsi ganda, seperti meja dengan laci penyimpanan atau bisa juga memilih perabot yang bisa dilipat ketika sedang tak dipakai.

4.Perhatikan pencahayaan
Rumah yang memiliki teras namun terdapat tembok sehingga menghalangi sinar matahari masuk, perlu menambah pencahayaan. Selain dengan memasang lampu, kamu bisa membuat lubang atau memasang kaca kecil di tembok supaya cahaya matahari bisa menyinari teras. Pencahayaan adalah hal penting karena bisa memaksimalkan keindahan tanaman hias maupun dekorasi.

Baca Juga: Pakai Kain Tradisional, Interior Ruangan Jadi Unik dan Berkarakter

5.Maksimalkan potensi teras
Teras tidak hanya berada di bagian depan rumah, tapi juga di bagian belakang rumah. Teras ini biasanya digunakan anggota keluarga untuk bersantai. Kalau kamu masih punya lahan di belakang rumah, coba tanamlah beberapa tumbuhan untuk dinikmati kehijauannnya.

6.Buat pintu rumah berkarakter
Dengan sentuhan kecil, pintu rumah bisa menjadi pemanis pemandangan di teras. Pintu yang mempunyai ukiran, pintu yang di cat ataupun pintu yang difernis akan menjadikan pintumu sebagai pusat perhatian oleh orang yang sedang berada di teras.

Berita Terkait

Berita Terkini

4 Tanda Anda Tidak Bahagia Dilihat dari Sisi Psikologis

Seringkali kita mengartikan orang yang jarang tersenyum sebagai tanda tidak bahagia.

Perhatikan Ini Sebelum Melepas Anak Sekolah Tatap Muka

Berikut berapa hal dapat disiapkan orang tua sebelum melepas anak untuk sekolah tatap muka.

Serem! Perempuan ini Diganggu Hantu Sampai Terseret ke Dapur

Video seorang perempuan yang tengah membuka sebuah kardus tiba-tiba terseret ke dapur rumahnya tanpa sebab menjadi viral.

Bak Pinang Dibelah, Wajah Perempuan Solo Ini Mirip Ernest Prakasa

Video seorang wanita yang disebut memiliki wajah yang mirip dengan aktor Ernest Prakasa viral di dunia maya.

Bukan Hanya Otak, Organ Lain Juga Rawan Kena Komplikasi Hipertensi

Kerusakan organ tubuh akibat komplikasi hipertensi tergantung kepada besarnya peningkatan tekanan darah dan lamanya kondisi yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Pisang Jumbo di Papua Ini Ukurannya Bikin Melongo

Pisang berukuran jumbo dengan diameter 10 cm ditemukan di Papua.

Seperti Tukul Arwana, Banyak Orang Tidak Menyadari Idap Hipertensi

Sebagian besar penderita tidak mengetahui dirinya idap hipertensi sehingga tidak mendapatkan pengobatan.

Kenali Gejala Hipertensi Seperti Dialami Tukul Arwana

Sebenarnya Tukul Arwana juga sudah menunjukkan gejala hipertensi, namun banyak yang tak menyadarinya.

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok, Semuanya Menggugah Selera

Ini dia lima kuliner khas Mandalika, Lombok Tengah, NTB, yang bisa kamu coba setelah menonton balapan di Sirkuit Mandalika.

Asale Mandalika, Surga Tersembunyi di Lombok

Inilah sejarah dan potensi wisata di Mandalika yang disebut sebagai surga tersembunyi di Lombok, NTB.

Wisata Dekat Sirkuit Mandalika Lombok, Hangout Sambil Nonton Balapan

Ini dia deretan wisata eksotis dari pantai hingga budaya di dekat atau sekitar Sirkuit Mandalika di Lombok yang bisa kamu kunjungi sembari nonton balapan.

Legenda Putri Mandalika Bersejarah dengan Sirkuit MotoGP Megah

Terdapat legenda bersejarah Putri Mandalika di Lombok yang konon katanya memiliki paras cantik jeita. Ini dia ceritanya!

Viral Hijabers Dugem, Netizen: Tanda-Tanda Kiamat!

Para pemudi berhijab itu disebut 'dugem halal' karena asyik joget di kafe dengan lampu percahayaan yang minim.

Begini Cara Mencuci Beras yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga

Tips memasak nasi kali ini membahas tentang bagaimana cara mencuci beras yang benar agar vitaminnya tidak hilang?

Ikuti Jejak Mark Zuckerberg, Yuk Terapkan Frugal Living

Di Indonesia, ada Cinta Laura, Desi Anwar, dan Raditya Dika yang telah menerapkan gaya hidup frugal living.