Terapkan Prokes Ketat, Pasar Burung dan Ikan Depok Solo Kembali Dibuka Lur!

Pasar Burung dan Pasar Ikan Hias Depok, Banjarsari, Solo, mulai kembali dibuka dengan pembatasan ketat pada Selasa (27/7/2021). Pengunjung pasar wajib memakai masker.

 Para pengunjung pasar mulai berdatangan ke Pasar Burung dan Pasar Ikan Depok pada Selasa (22/7/2021). (Istimewa/Dok Suwarjo)

SOLOPOS.COM - Para pengunjung pasar mulai berdatangan ke Pasar Burung dan Pasar Ikan Depok pada Selasa (22/7/2021). (Istimewa/Dok Suwarjo)

Solopos.com, SOLO — Pasar Burung dan Pasar Ikan Hias Depok, Banjarsari, Solo, mulai kembali dibuka dengan pembatasan ketat pada Selasa (27/7/2021). Pengunjung pasar yang tidak memakai masker, tidak diperbolehkan masuk ke kawasan pasar demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Burung dan Ikan Depok, Suwarjo, kepada Solopos.com, Selasa (27/7/2021) siang. Menurutnya, para pedagang antusias dan sangat senang para pedagang kembali diperbolehkan buka setelah sejak awal bulan ini tutup dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Meskipun ada pembatasan, pukul 15.00 WIB pasar harus tutup, dibukanya kembali pasar membawa semangat baru para pedagang.

“Para pedagang burung dan ikan sudah kembali buka. Pasar-pasar lain juga sudah mulai buka meskipun pasar non esensial dengan batasan waktu pukul 15.00 WIB dan protokol kesehatan ketat,” papar Ketua Bolo Pasar itu.

Baca Juga: Wow! Bocah 13 Tahun Ini Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Ia menyebut dengan pembatasan atau tidak, kondisi pasar saat ini cenderung sepi. Namun, para pedagang seluruhnya mengikuti aturan pemerintah kota (pemkot). Pembatasan itu membuat para pedagang harus memanfaatkan waktu dengan baik saat berjualan.

“Saya sudah koordinasi dengan tim keamana dan para pedagang untuk selalu mengutamam protokol kesehatan. Tanpa masker tidak boleh masuk,” papar dia.

Menurut Suwarjo, saat penutupan awal secara mendadak, beberapa burung, unggas, dan ikan milik pedagang banyak yang mati. Burung yang mati mayoritas burung grosiran. Namun, setelah ada kelonggaran tingkat kematian burung dan ikan bisa ditekan.

“Kemarin diberi waktu untuk merawat hingga pukul 15.00 WIB. Kami hanya merawat dagangan dan tidak ada aktivitas jual beli. Petugas pengamanan juga berjaga di depan pasar,” imbuh dia.

Saat ini seluruh pedagang sudah kembali, akses masuk Pasar Burung Depok Solo juga sudah dibuka. Namun, pengunjung belum banyak yang ke pasar. Ia menduga belum banyak warga yang tahu pasar sudah kembali buka.

Baca Juga: Kisah Pilu Pria Mojokerto, Akhirnya Meninggal Dunia Setelah Ditolak 9 RS

Sementara itu, pedagang ikan hias, Defia Javalia, mengatakan ia sudah mulai berjualan bersama para pedagang ikan lain dengan pembatasan seperti batasan waktu dan penerapan protokol kesehatan ketat. Para pedagang juga telah menata dagangan agar lebih rapi.

“Alhamdulillah ikan terawat, kemarin diberi toleransi kasih pakan dan perawatan. Tapi beberapa pedagang ikannya juga mati, itu jenis ikan yang perlu perawatan ekstra tiap hari,” papar Defia. Ia menyebut meskipun ada pembatasan waktu, para pedagang sangat menerima dibandingkan harus tutup sama sekali.


Berita Terkait

Berita Terkini

Jorok! 25 Ton Sampah Dibuang Sembarangan di Sukoharjo Tiap Hari

Sebanyak 25 ton sampah ditengarai dibuang sembarangan setiap harinya di wilayah Sukoharjo. DLH setempat memetakan ada 10-an tempat buang sampah liar.

Kasus Covid-19 Klaster PTM Solo Tersebar di 8 Sekolah, Ini Perinciannya

Temuan kasus konfirmasi positif Covid-19 di kalangan siswa dan guru yang menggelar PTM di Kota Solo tersebar di delapan sekolah SD dan SMP.

3 Fasyankes di Sukoharjo Ini Layani Vaksinasi Tanpa Syarat Domisili

Tiga fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Sukoharjo melayani vaksinasi warga tanpa memandang domilisi selama sepekan ke depan.

Warga Bantaran Mojolaban Sukoharjo Ternyata Banyak Yang Belum Vaksin

Warga bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah Mojolaban, Sukoharjo, antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 digelar Komunitas Omah Sambung dan Kodim Sukoharjo.

Solar Langka di Soloraya, Pertamina Tegaskan Tak Ada Pengurangan Kuota

Pertamina menyatakan tidak ada pengurangan kuota BBM bersubsidi jenis solar yang belakangan ini banyak dikeluhkan langka di wilayah Soloraya.

Puluhan Sapi Ikut Promosi Festival Kuliner Solo, Ternyata Ini Alasannya

Panitia Festival Kuliner Internasional Solo melibatkan para peternak sapi tunggang dari Boyolali dan Karanganyar dalam promosi agenda tersebut, Kamis (21/10/2021).

Jika Kondisi Darurat, Wonogiri Aktifkan Lagi Tempat Isoter

Pengaktifan kembali tempat isoter di Gedung PGRI menyesuaikan kasus Covid-19.

Tak Diizinkan Orang Tua, Sebagian Siswa SMP di Wonogiri Tak Ikuti PTM

Keikutsertaan siswa SMP dalam PTM terbatas tergantung keputusan siswa/orang tua/wali.

100.000-An Warga Solo Tak Punya Akta Kelahiran, Diduga Ini Penyebabnya

Ternyata masih banyak warga Solo yang belum memiliki akta kelahiran, jumlahnya mencapai 18% atau hampir 100.000 orang dari total penduduk Kota Bengawan.

Automatic Ozone Machine Bikin PTM di SDN II Butuhan Klaten Kian Nyaman

Dua siswa kelas V SDN II Butuhan, Delanggu, mampu membikin automatic ozone machine yang berfungsi membunuh virus dan bakteri dalam suatu ruangan (termasuk Covid-19).

Projo Fasilitasi 1.400 Dosis Vaksinasi di Banyudono Boyolali

 Banyudono dipilih menjadi lokasi sentra vaksinasi ini lantaran cakupan vaksinasi terbilang rendah.

Zona Hijau, Satgas Covid-19 Butuhan Klaten Tetap Gelar Operasi Yustisi

Operasi yustisi yang melibatkan pamong desa, polisi, sukarelawan, dan lainnya di Butuhan itu digelar setiap satu kali dalam sepekan.

Cerita Karyawan Pinjol Bikin IRT di Wonogiri Bunuh Diri: Gajinya Besar

Karyawan perusahaan pinjol ilegal yang diduga menyebabkan ibu-ibu di Wonogiri bunuh diri mengaku digaji besar dan mendapat fasilitas apartemen.

Mantap! Sukoharjo Ekspor Beras Mulai Tahun Depan

Pemkab Sukoharjo menargetkan bisa mulai ekspor beras yang ditanam menggunakan metode Indeks Pertanaman (IP) 400 pada 2022 mendatang.

Umbul Pelem Klaten Bayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan Ratusan Warga

Umbul Pelem, Wunut, Klaten, membayarkan iuran jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan kepada 650 kepala keluarga.

Selter Pasar Ikan Sumbang Transaksi hingga Rp1 Miliar di SGS 2021

Merchant sektor kuliner khususnya selter Pasar Ikan menyumbang transaksi hingga Rp1 miliar pada event SGS 2021 hingga Kamis (21/10/2021).