Terancam Virus Corona Varian Delta, Sydney Perpanjang Lockdown

Lockdown atau penguncian Sydney diperpanjang setidaknya empat pekan karena Australia gagal menahan penularan virus corona pemicu Covid-19.

 Papan pemberitahuan yang memperingatkan "Kita semua bisa menjadi pembawa Covid-19" di tempat publik di Sydney, Australia, Selasa (27/7/2021). Setelah sebulan melakukan Lockdown, kasus harian Covid-19 di kota Sydney tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. (Bisnis-Bloomberg-Brendon Thorne)

SOLOPOS.COM - Papan pemberitahuan yang memperingatkan "Kita semua bisa menjadi pembawa Covid-19" di tempat publik di Sydney, Australia, Selasa (27/7/2021). Setelah sebulan melakukan Lockdown, kasus harian Covid-19 di kota Sydney tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. (Bisnis-Bloomberg-Brendon Thorne)

Solopos.com, JAKARTA — Penguncian selama sebulan di Sydney akan diperpanjang setidaknya empat pekan. Alasan lockdown Sydney itu karena otoritas Australia gagal meratakan kurva kasus penularan virus corona pemicu Covid-19 harian yang justru melonjak hingga mencatatkan rekor baru, Rabu (28/7/2021).

Dilansir Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari Bloomberg, Perdana Menteri negara bagian New South Wales, Gladys Berejiklian, mengatakan penguncian telah diperpanjang hingga setidaknya 28 Agustus 2021. Pembatasan dimulai pada 26 Juni, ketika 12 kasus baru dicatat di masyarakat setempat.

Wabah kota itu telah membengkak, didorong oleh penyebaran varian delta yang sangat menular, dengan 177 kasus lagi tercatat pada hari ini, Rabu (28/7/2021). Berejiklian mengatakan pembatasan penguncian paling ketat, yang sekarang berlaku di wilayah barat daya Sydney, akan diperluas ke area lain di barat kota.

Baca Juga: Korea Selatan Ancamkan Sanksi Pelanggar Pembatasan Sosial

Kampanye vaksinasi juga akan digencarkan untuk siswa sekolah menengah di wilayah tersebut. Namun dia membuat konsesi untuk ekonomi, mengatakan bahwa sektor konstruksi dapat memulai kembali pekerjaan di daerah lain di kota.

Dalam upaya untuk mengurangi tekanan pada bisnis dan pekerja di New South Wales, Perdana Menteri, Scott Morrison, telah mengumumkan lebih banyak dana federal untuk usaha kecil yang terkena dampak penguncian mencapai sebanyak 100.000 dolar Australia (US$74.000) seminggu, bersama dengan peningkatan pembayaran kesejahteraan untuk pekerja berpenghasilan rendah yang kehilangan gaji.

Vaksinasi Meningkat

Pemerintahnya sekarang menghabiskan sekitar 750 juta dolar Australia sepekan untuk mendukung negara. “Kita harus mendorong melalui penguncian ini di Sydney,” kata Morrison kepada wartawan di Canberra.

Dia menambahkan bahwa vaksinasi yang meningkat dapat berarti bahwa perintah tinggal di rumah karena wabah tidak akan diperlukan pada akhir tahun.

Baca Juga: Waspada, Varian Baru Covid-19 Ancam Anak-Anak & Remaja!

Berejiklian telah dikritik oleh beberapa pakar kesehatan dan saingan politik yang menga takan dia terlalu lambat untuk menerapkan penguncian di kota berpenduduk 6 juta orang itu, dalam upaya untuk tetap membuka negara bagian paling penting secara ekonomi di Australia itu. Sydney bertanggung jawab atas sekitar sepertiga dari produk domestik bruto nasional.

Sementara Melbourne dan Adelaide keluar dari penguncian terbaru pada pagi ini, wabah Sydney menyoroti bagaimana seluruh negara semakin rentan terhadap virus corona varian delta, yang telah bocor keluar dari sistem karantina hotel yang rapuh untuk mengembalikan penduduk ke komunitas lokal.

Dengan kota terpadat di Australia yang akan ditutup dari negara lain setidaknya selama satu bulan lagi yang akan mempengaruhi sektor pariwisata dan ritel, menjadi jelas bahwa dampak ekonominya bisa parah, setidaknya dalam jangka pendek. Ekonomi akan berkontraksi sebesar 2,7% pada kuartal ketiga, menurut Commonwealth Bank of Australia, sementara Australia & New Zealand Banking Group Ltd. memperkirakan kontraksi 1,3%.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Jadi Tersangka Kerumunan di Jakarta, Bos HTK Tidak Ditahan

Pihaknya tidak menahan JAS karena ancaman hukumannya di bawah 5 tahun penjara.

Atta Halilintar Datangi Mapolres Jaksel Malam Tadi, Ada Apa?

Konten kreator Savas Fresh menuduhkan masalah utang ke orang lain,

Sejoli Tipu-Tipu Arisan Online Investasi, Gunakan Selebgram untuk Gaet Peserta

Setiap anggota harus mengikuti arisan mulai Rp1 juta sampai Rp15 juta agar bisa ikut skema investasi.

Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik Ditarget Selesai sebelum Jokowi Lengser

Kerja sama investasi pembangunan pabrik baterai di Indonesia dilakukan dengan dua negara yaitu LG Chem asal Korea Selatan, dan CATL asal China.

Setahun, Harta Wagub Naik Hampir Rp40 Miliar, Koleksi 72 Unit Kendaraan

Jika dihitung, kekayaan Ijeck dalam setahun, 2019-2020, naik sekitar Rp39,7 miliar.

Salut! Polisi Madiun Angkat 100 Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

Dari 166 anak yatim piatu korban Covid-19, 100 di antaranya diangkat menjadi anak asuh anggota Satlantas Polres Madiun Kota.

Chopperland Jokowi Menghilang dari LHKPN, Kok Bisa?

Pada LHKPN terbaru, Jokowi tercatat memiliki alat transportasi dan mesin sebanyak 8 unit.

Haduh! Dua Cincin Nyangkut di Alat Kelamin Suami, Kok Bisa Sih?

Waduh seorang suami di Malaysia harus dilarikan ke rumah sakit karena alat kelami atau penisnya tersangkut dua buah cincin.

Ansari Kadir, Dulu Sering Gagal Bisnis Kini Punya 100 Outlet

Kini Sang Pisang telah memiliki 100 outlet termasuk di Malaysia.

Gubernur Anies Larang Rokok Dipajang, Produsen Menjerit

Seruan Gubernur direalisasikan dalam bentuk penindakan oleh Satpol PP DKI Jakarta.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Buntut Buka-Bukaan Soal Gaji, Krisdayanti Dipanggil Fraksi PDIP, Diberi Sanksi?

Krisdayanti dipanggil Fraksi PDIP DPR RI untuk dimintai klarifikasi terkait pernyataannya soal gaji DPR yang membuat heboh.