Terancam Langka, Domba Batur Banjarnegera Susut 15% Setiap Tahun

Domba khas Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah menghadapi tantangan penurunan populasi. Jumlah keseluruhan domba batur Banjarnegara susut sekitar 15% setiap tahunnya.

Terancam Langka, Domba Batur Banjarnegera Susut 15% Setiap Tahun

SOLOPOS.COM - Ilustrasi domba batur, khas Banjarnegara, Jawa Tengah. (pertanian.go.id)

Solopos.com, BANJARNEGARA— Domba khas Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah menghadapi tantangan penurunan populasi. Jumlah keseluruhan domba batur Banjarnegara susut sekitar 15% setiap tahunnya.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyampaikan populasi domba batur mengkhawatirkan karena cenderung berkurang dalam empat tahun terakhir. Rata-rata setiap tahun jumlahnya berkurang 15%.

“Jumlahnya kini di bawah 10.000 ekor, dengan penurunan rata-rata 15% per tahun. Makanya kami tekankan ke petani, sementara domba batur jangan dikeluarkan dulu. Lebih baik dikembangkan di sini, terutama untuk jantan yang unggul,” tuturnya kepada Bisnis, di Banjarnegara.

Selama ini, salah satu penyebab turunnya populasi domba batur ialah penjualan yang tidak terkendali. Pemasaran tersebut bukan hanya untuk diambil daging dan bulunya, tetapi juga keperluan di sektor turisme.

Tak jarang domba batur dengan bentuk tubuhnya yang gempal, berbulu putih, dan perangai yang jinak, menjadi salah satu daya tarik tempat wisata. Terutama untuk tempat wisata yang bernuansa alam, seperti di kawasan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. 

Pemerintah sebetulnya cukup serius dalam upaya pelestarian domba Batur. Pada 17 Juni 2011, diundangkan Keputusan Kementerian Pertanian tentang Penetapan Rumpun Domba batur, yang mempunyai sebaran asli geografis di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Selain itu, pada 2015 Kementan menetapkan Kabupaten Banjarnegara sebagai wilayah sumber bibit domba Batur, dan juga ternak domba Batur sebagai sumber daya genetik (SDG) hewan. Pada 2018, jumlah domba Batur di Banjarnegara tinggal 8.835 ekor. Tren penurunan populasi memerlukan solusi inovatif dan konkret, serta sinergi program antarpemangku kepentingan. 

Di samping penurunan populasi, sambung Budhi, mutu genetik domba Batur juga berkurang. Bila kondisi tersebut terus berlanjut, dikhawatirkan dalam beberapa tahun ke depan domba khas ini tidak lagi dapat ditemui di Kecamatan Batur, sebagai wilayah asalnya.

Oleh karena itu, Pemkab Banjarnegara memberikan perhatian serius terhadap pengembangan dan pelestarian domba Batur. Salah satu upaya yang sudah dan sedang dilaksanakan adalah dibentuknya Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) sebagai unit yang menangani pembibitan domba Batur.

Meskipun baru dibentuk, peran UPTD sangat strategis. Melalui unit ini diharapkan pengamanan plasma nutfah dan pengembangan inseminasi buatan ternak domba Batur dapat berjalan.

Selain dari kelembagaan, pemkab juga memberikan bantuan pendampingan dan pembinaan. Salah satunya melalui Festival Domba Batur. Harapannya, domba ini dapat semakin dikenal khalayak luas dan meningkatkan nilai jualnya.

Pada tahun ini, Pemkab Banjarnegara juga menyusun standarisasi bibit domba batur. Pemda pun berupaya agar sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) domba Batur dapat diterbitkan.

Budhi berpesan kepada pedagang dan peternak, sebagai pelaku usaha domba Batur, untuk mempertahankan kekayaan Banjarnegara dengan cara mengembangkan domba yang memiliki genetik baik. “Grade bagus jangan dijual atau dibawa keluar Banjarnegara. Grade bagus dijadikan bibit untuk dikembangbiakan lebih lanjut di sini,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ada Vaksinasi Gratis di Stasiun Yogyakarta dan Solobalapan, KAI: Hanya Untuk Dosis Kedua

PT KAI memberikan vaksin gratis di Stasiun Solobalapan dan Stasiun Yogyakarta namun untuk penyuntikan dosis kedua.

Lirik Lagu Lintang Sewengi – Denny Caknan feat Ndarboy Genk

Berikut ini lirik lagu Lintang Sewengi yang dinyanyikan Denny Caknan dan Ndarboy Genk yang dirilis Minggu, 1 Agustus 2021 di Youtube.

Ganjar Sebut Belum Dapat Arahan Pasang Baliho Puan Maharani, Kenapa Ya?

Ganjar Pranowo mengaku belum mendapat arahan untuk memasang baliho bergambar Puan Maharani dari PDIP.

Pandemi, Pemohon Perizinan Usaha di Sukoharjo Malah Melonjak Tajam

Kenaikan jumlah pemohon perizinan menandakan respons positif para pelaku usaha Sukoharjo terhadap beragam kemudahan secara online.

RUU PKS Terbentur Pertentangan Ideologi dan Cara Pandang

Panitia Kerja DPR yang membahas RUU PKS berharap pada 18 Agustus 2021 dapat membacakan usulan rancangan undang-undang tersebut.

Ladiid’s Cake and Cookies, Passion Guru Bimbel Sukoharjo yang Jadi Pebisnis Kuliner

Berawal dari coba-coba, Hastari berhasil membangun bisnis kue yang ia beri label Ladiid’s Cake and Cookies.

Masih PPKM Darurat, Begini Politeknik Indonusa Solo Gelar Dies Natalis ke-19

Masyarakat bisa membuat ucapan selamat Dies Natalis ke-19 untuk Politeknik Indonusa Solo kemudian diupload di media sosial.

135 Kampung di Madiun Dapat Paket Alkes untuk Lawan Covid-19

Polres Madiun menyalurkan bantuan paket alat kesehatan (alkes) dari BPBD Jatim untuk 135 Kampung Tangguh Semeru.

Bantuan Mengalir untuk Bocah Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Klaten

Selain dari pemdes, bantuan paket sembako juga pernah diberikan kepada keluarga bocah yatim piatu itu dari Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten.

Pengunjung Malioboro Jogja Dibatasi 200 Orang per Zona

Pemkot Jogja akan membatasi jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Malioboro selama PPKM Level 4 diberlakukan. Akan ada petugas yang mengawasi jumlah pengunjung.

Tak Hanya Harga, Kualitas Jadi Kunci Semen Dynamix Diterima Konsumen

Ini dia rahasia perusahaan semen Dynamix yang tergabung dalam Semen Indonesia Group dalam membangun bisnis di bidang kontruksi.

Pembangunan RS Darurat Asrama Haji Donohudan Ditarget Selesai 5 Agustus 2021

Proyek pembangunan RS Darurat Covid-19 di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, ditargetkan selesai pada Kamis (5/8/2021).