SOLOPOS.COM - Sejumlah anak muda menikmati suasana saat matahari tenggelam di Rawa Jombor, Klaten, Senin (13/3/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Banyak pilihan tempat di Klaten yang cocok buat ngabuburit hingga buka puasa bersama (bukber) selama Ramadan. Mulai dari pusat kota hingga di kawasan pinggiran, tepi waduk hingga lereng gunung, semua menawarkan keunikan masing-masing yang bikin acara ngabuburit dan bukber jadi seru.

Satu lokasi yang jadi tempat favorit berburu senja sekaligus ngabuburit yakni kawasan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Meski kini tak ada warung apung yang dulu kerap menjadi tempat bukber, masih banyak pilihan kuliner di sekeliling rawa seluas 179 hektare (ha) itu yang bisa jadi pilihan menu berbuka puasa.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Di Taman Nyi Ageng Rakit di sisi timur Rawa Jombor ada Plaza Kuliner yang menawarkan beragam menu. Kawasan itu menjadi salah satu spot terbaik menikmati senja. Selain bisa menikmati sajian kuliner di joglo Plaza Kuliner, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner di perahu wisata yang bersandar di kawasan itu.

Untuk menikmati sensasi ngabuburit lalu bukber di perahu wisata Rawa Jombor, Klaten, pengunjung bisa menghubungi pengelola perahu wisata di tempat itu. Di kawasan lainnya sekeliling Rawa Jombor tak kalah menarik dengan pemandangan waduk serta kuliner.

Warung yang menawarkan aneka menu bermunculan di seberang jalan Rawa Jombor. Pengunjung bisa menikmati sajian kuliner beralaskan trotoar atau tanah tepian Rawa Jombor. Selain itu, kafe dan restoran bermunculan di sekeliling Rawa Jombor.

Ada yang menawarkan olahan ikan air tawar, ada yang identik dengan hidangan steik, serta ada yang menawarkan sajian kopi serta tempat asyik untuk nongkrong para muda-mudi.

Pusat Kuliner Jalan Bhali

Di kawasan perkotaan, tak kalah banyak tempat yang menjadi surga kuliner serta tempat tongkrongan untuk ngabuburit dan bukber di Klaten. Seperti sentra kuliner yang diberi nama Kawasan Kuliner Jalan Bhali, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah.

PKL Klaten tempat ngabuburit klaten
Pedagang kaki lima (PKL) kuliner dari Alun-alun Klaten mulai menempati ruas Jl. Bali, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah, Sabtu (18/6/2022) sore. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Aneka makanan dijajakan para pedagang di tempat itu mulai jajanan kekinian hingga angkringan. Tempat kuliner itu berada di ruas Jl Bali dan mulai dibuka khusus untuk kuliner pukul 15.00 WIB-05.00 WIB. Lokasi kuliner itu tak jauh dari kawasan Alun-alun Klaten yang kini steril dari pedagang kaki lima (PKL).

Bergeser ke sisi utara dari Jl Bali, ada ruas Jl Mayor Kusmanto yang kini terus berkembang menjadi sentra kuliner Klaten. Jalan tersebut berada di antara Kecamatan Klaten Tengah dengan Klaten Utara.

Salah satu warung yang terkenal di kawasan yakni warung Sop Ayam Pak Min. Tak hanya warung, di sepanjang jalan tersebut bermunculan restoran dan kafe dengan lokasi yang nyaman bisa menjadi pilihan untuk tempat berbuka Anda beserta teman atau keluarga.

Satu lagi kawasan di wilayah perkotaan di Klaten yang bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit sekaligus bukber. Di sepanjang Jl Kopral Sayom di Kecamatan Klaten Utara, banyak pilihan kafe dan restoran yang cocok untuk ngabuburit sekaligus bukber.

Kampung Kuliner

Salah satunya di Kampung Kuliner yang menjadi pusat jajan serta ruang publik kreatif di Klaten. Tak jauh dari Jl Kopral Sayom, ada ruas Jl Rajawali yang juga banyak ditemui pedagang kuliner di tepi jalan dari sore hingga dini hari.

Kembali bergeser ke wilayah pinggiran tepatnya di kawasan wisata air di Polanharjo dan Tulung. Selain terkenal dengan wisata airnya, kawasan tersebut juga terkenal dengan sentra kuliner terutama makanan olahan ikan air tawar.

Hidangan itu bisa dengan mudah ditemukan di kawasan kuliner pancingan di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo. Di kawasan itu, banyak ditemui pancingan yang kini memiliki konsep beragam. Masing-masing tempat pemancingan memiliki tempat yang luas dan kerap menjadi tempat bukber dan ngabuburit di Klaten.

Kejteh Resto Wangen Klaten tempat ngabuburit
Suasana di Ketjeh Resto Wange. (Istimewa/@ketjehresto)

Tak jauh dari kawasan pancingan Janti, ada salah satu resto yang terkenal di kawasan itu yakni Ketjeh Resto. Di tempat itu disediakan tempat untuk makan bersama yang lokasinya cukup luas. Jika ingin menikmati sajian kuliner dengan sensasi berbeda, pengunjung bisa makan sambil keceh di air.

Kawasan Wisata Girpasang

Dari kawasan perairan serta perkotaan, kini bergeser ke kawasan di lereng Gunung Merapi. Kawasan wisata Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, bisa menjadi tempat ngabuburit asyik.

Selain segarnya udara lereng Merapi, kawasan itu menyuguhkan panorama hijaunya pegunungan. Saat sore hingga malam, dari tempat itu terlihat gemerlap lampu perkotaan.

Selain pemandangan, di tempat itu bermunculan aneka kuliner. Kini tak hanya kopi dan kudapannya, ada pilihan menu lain yang bikin hidangan di kawasan tersebut semakin bervariasi.

“UMKM khususnya di sekitar Girpasang dengan menu sekarang banyak variasinya. ADa yang makanan khas China, seafood, serta makanan tradisional termasuk ingkung. Ada juga untuk barbeque,” kata Sekretaris Pokdarwis Desa Tegalmulyo, Purnama, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (26/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya