SOLOPOS.COM - Petugas Linmas Kota membawa asbak dan berpatroli di lingkungan kantin kompleks Balai Kota Solo, Senin (3/7/2017). (Indah Septiyaning W./JIBI/Solopos)

Petugas linmas menegakkan ketentuan kawasan bebas asap rokok di Balai Kota Solo.

Solopos.com, SOLO — Petugas perlindungan masyarakat (linmas) Kota memergoki puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah merokok di kawasan Balai Kota Solo, Senin (3/7/2017). Padahal kawasan balai kota telah ditetapkan sebagai kawasan bebas asap rokok sejak 1 Juni 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan , empat petugas linmas berkeliling membawa asbak dan kamera. Mereka menyisir halaman Balai Kota, area parkir, serta lingkungan kantin. Selain meminta ASN untuk mematikan rokoknya, petugas linmas juga memotret satu per satu pelaku sebagai barang bukti.

Petugas Linmas Kota, Ariyanto mengatakan patroli sebagai tindakan Pemkot menekan asap rokok di kawasan Balai Kota. Hal ini menindaklanjuti larangan merokok di kawasan Balai Kota yang diterbitkan Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo.

“Paling banyak ASN merokok di halaman Balai Kota saat menunggu halalbihalal. Sedangkan lingkungan kantin masih kecil temuannya,” katanya.

Kepala Satpol PP Solo Sutarjo mengatakan petugas Satpol dan Linmas Kota disebar untuk berpatroli di lingkungan Balai Kota. Mereka membawa asbak untuk memantau adakah para perokok di Balai Kota atau tidak.

“Jadi ketika petugas menemukan ada yang merokok langsung dimatikan di asbak itu,” kata Sutarjo.

Salah satu ASN, Moko, mengaku terpaksa harus bolak-balik ke luar lingkungan Balai Kota hanya untuk merokok.

Sejak diberlakukan kawasan Balai Kota bebas rokok, diakuinya mulai kesulitan jika inigin merokok. “Jadi mau tidak mau harus ke luar Balai Kota,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya