SOLOPOS.COM - ilustrasi virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, SOLO - Kondisi Vietnam telah membaik setelah mampu mengatasi persebaran virus corona. Keberhasilan Vietnam mengatasi virus corona ini telah diprediksi oleh penelitian dari Data-Driven Innovation Laboratory Singapore University of Technology and Design. Mereka juga memprediksi kapan Indonesia bebas dari corona.

Seperti dikutip dari Suara.com, Data-Driven Innovation Laboratory Singapore University of Technology and Design memprediksi waktu berakhirnya pandemi corona di negara-negara di dunia. Menurut hasil penelitian mereka, Vietnam diprediksi menekan persebaran virus corona hingga 97 persen pada 19 April 2020.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Gubernur Jateng Apresiasi Temanggung Larang Warganya Bukber

Kemudian pada 30 April 2020, Vietnam akan mencapai keberhasilan mengakhiri pandemi sebesar 99 persen. Baru pada 15 Mei 2020, negara yang berbatasan langsung dengan China itu dinilai akan sepenuhnya mengakhiri persebaran Covid-19.

Hasil penelitian itu nampaknya mulai menemui kenyataan. Pasalnya, Vietnam telah melonggarkan aturan lockdown di wilayahnya. Maklum, Vietnam memang menjadi negara yang tanggfap dalam penanganan corona.

Mereka langsung melakukan lockdown sejak dini, dan berhasil menekan kasus corona di wilayahnya. Kini semua warga Vietnam sudah diizinkan untuk kembali menggunakan transportasi umum dari bus hingga pesawat terbang.

Disdik Solo: Anak Positif Covid-19, Orang Tua Harus Tahan Diri di Rumah

Meski begitu, pemerintah masih melarang perkumpulan dengan menghadirkan lebih dari 20 orang. Sekolah-sekolah juga masih ditutup untuk beberapa pekan ke depan. Masyarakat juga masih dituntut menggunakan masker. Hal itu karena negara-negara di Asia Tenggara lain yang masih terus mencatatkan peningkatan kasus Covid-19.

Lantas bagaimana dengan prediksi untuk Indonesia?

Hasil penelitian Data-Driven Innovation Laboratory Singapore University of Technology and Design menyebut persebaran Covid-19 di Indonesia akan susut pada 6 Juni 2020. Saat itu, keberhasilan menangani pandemi mencapai 97 persen.

Sering Mimpi Buruk Selama Karantina, 3 Penghuni Rumah Angker Sragen Dipulangkan

Selanjutnya, Indonesia baru akan mengalami penghentian persebaran virus sebesar 99 persen pada 23 Juni 2020. Masih berdasarkan penelitian yang sama, Indonesia baru mencapai 100 persen situasi aman atau bebas virus corona dua bulan kemudian, yakni 7 September 2020.

Dalam keterangannya, para peneliti dalam prediksi ini menyebutkan sifat pandemi yang terus berkembang, khususnya perubahan kebijakan pemerintah dan perilaku individu, kurva, infleksi, dan tanggal akhir akan memengaruhi perubahan hasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya