SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gaza–Tentara Israel menduduki kapal Rachel Corrie setelah kapal ini mengabaikan perintah untuk berganti arah dan merapat ke Pelabuhan Ashdod, Israel Selatan.

Juru bicara militer Israel mengatakan, kapal tersebut telah mengabaikan 3 panggilan untuk merapat ke Pelabuhan Ashdod, Israel Selatan. Kapal tersebut bahkan telah diperingatkan akan diduduki oleh tentara AL Israel jika tetap enggan mengubah arah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tentara kami akan menduduki kapal kalian jika kalian menolak mengubah arah. Kami siap untuk menggunakan kekerasan untuk mempertahankan diri kami,” kata salah seorang juru bicara Avital Leibovitz, mengutip peringatan tentara Israel ke Kapal rachel Corrie, seperti dilansir AFP, Sabtu (5/6).

Ekspedisi Mudik 2024

Juru bicara kelompok Free Gaza yang menyokong Rachel Corrie mengatakan, kapal perang Israel terus membayangi kapal Rachel Corrie yang hendak membawakan bantuan ke Gaza. “Kita bisa melihat beberapa kapal Israel tak jauh dari kami. Mereka mengikuti kami. Tidak ada kontak,” tuturnya.

Terhadap tuduhan ini, juru bicara tentara Israel menyatakan, kapal AL Israel melihat keberadaan kapal tersebut dan melakukan komunikasi melalui radio untuk mengidentifikasi kapal tersebut. Namun menurut para aktivis yang berada di kapal tersebut, komunikasi dengan kapal AL Israel tersebut hanya setengah-setengah dan tidak jelas.

Tapi tentara Israel menganggap kapal Rachel Corrie mengabaikan peringatan mereka. Hal ini memunculkan resiko terjadinya bentrokan kembali setelah sebelumnya dengan kapal Mavi Marmara.

Israel menegaskan, tidak akan mengizinkan kapal apapun untuk memasuki Gaza. Barang-barang yang ada di kapal Rachel Corrie tidak akan diterima, sebelum mereka merapat ke Pelabuhan Ashdod dan menyalurkan bantuan tersebut melalui jalur darat.

Para aktivis di kapal Rachel Corrie tetap bertekad untuk mengantarkan bantuan langsung hingga ke Gaza. Mereka bahkan siap menyerah secara damai jika akhirnya tentara Israel menduduki kapal Rachel Corrie.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya