SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasangan hidup (Theplaidzebra.com)

Tentang Islam diasuh oleh H. Muhammad Amir, S.H., C.N., Ketua Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Tentang Islam juga dimuat di subrubrik Ustaz Menjawab Khazanah Keluarga Harian Umum Solopos, setiap Jumat.

Solopos.com, SOLO — Mendapatkan pendamping dalam hidup yang sesuai kriteria adalah hal yang membahagiakan bagi setiap orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait dengan pembicaraan soal jodoh, ada seorang wanita di Solo yang mengaku sulit mendapatkan belahan jiwa, meski disebut berwajah lumayan. Artinya, secara fisik, wanita itu tidak jelek.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan oleh si wanita ini? Simak jawabannya, sebagaimana pernah dimuat di Harian Umum Solopos, Jumat (31/5/2013) lalu.

Pertanyaan

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Pak Ustaz yang saya hormati, saya ingin curhat. Saya lulusan S2 Fakultas Ekonomi UNS, sudah bekerja di bank swasta di Solo. Saya anak pertama dari empat bersaudara. Tiga adik saya sudah menikah semua. Hanya saya yang belum mendapat jodoh yang sesuai dengan cita-cita saya, padahal umur atau usia saya sudah 33 tahun (kelahiran tahun 1980).

1. Mengapa mencari jodoh yang sesuai dengan harapan saya, sampai sekarang belum ketemu? Padahal menurut teman-teman sekerja, secara fisik, saya cukup lumayan, tidak jelek.

2. Saya sudah melakukan salat Istikharah berkali-kali, hasilnya juga nihil.

3. Karena Ustaz sudah sepuh dan banyak pengalamannya dan saya tahu bahwa Ustaz sering menjodohkan orang dan rumah tangganya tergolong sukses.

Tolong Pak Ustaz, saya dicarikan jodoh. Nama sebenarnya sesuai KTP serta pas foto telah saya kirimkan.
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. [Purwanti (samaran), Karyawan Bank Swasta di Solo]

Ustaz Menjawab

Wa’alaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh.
Mbak Purwanti yang dirahmati Allah. Manusia wajib berikhtiar, Allah SWT yang menentukan. Dan janganlah berputus asa dalam mencari rahmat dan kasih sayang Allah.

Allah SWT berfirman, “Berdoalah kepadaku, niscaya Aku kabulkan permintaanmu.”

Mbak Purwanti perlu membaca hadis Nabi Muhammad SAW tentang syarat-syarat terkabulnya suatu doa.

Puji-pujian kepada Allah, baca selawat Nabi, keadaan badan suci (berwudu), tangan menengadah, menghadap kiblat, waktunya sepertiga malam terakhir (pukul 03.00 WIB).

Perlu Mbak Purwanti sadari bahwa Salat Istikharah bukanlah salat yang dilakukan untuk mencari atau memilih jodoh, melainkan salat untuk memohon petunjuk kepada Allah agar diberikan yang terbaik dari dua pilihan.

Sebagian ulama mengatakan bahwa Salat Istikharah itu bukan hanya untuk meminta petunjuk saat kita bimbang dalam suatu pilihan namun untuk mendukung pilihan yang kita hadapi atau kita yakini.

Alasannya, sebenarnya Allah sudah memberikan kemampuan akal dan pikiran kepada manusia untuk berpikir dan meneliti, namun terkadang manusia bingung atas pilihan itu sehingga membutuhkan pertolongan Allah SWT. Di situlah kita memerlukan Salat Istikharah dalam rangka mendukung keyakinan dan tercapainya cita-cita.

Saran Ustaz, jika Anda mempunyai perasaan cenderung kepada salah satu pilihan atau memiliki laki-laki yang dilihat dari kaca mata syariat Islam terpenuhi, segeralah menikah.

Alquran Surat Al Hujurot ayat 13 berbunyi, “Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah SWT adalah manusia yang paling takwa.”

Nabi bersabda, “Perempuan dinikahi karena empat hal, hartanya, pangkatnya, cantiknya dan agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya. Kalau tidak demikian, maka kamu akan rugi,” (HR Bukhori Muslim).

Semoga Allah SWT segera mengabulkan doa Anda, amin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya