SOLOPOS.COM - Ilustrasi wahyu (Goodnewsunlimited.com)

Tentang Islam diasuh oleh H. Muhammad Amir, S.H., C.N., Ketua Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Tentang Islam juga dimuat di subrubrik Ustaz Menjawab Khazanah Keluarga Harian Umum Solopos, setiap Jumat.

Solopos.com, SOLO — Ada istilah wahyu dan ilham. Apa yang menjadi perbedaan antara dua istilah tersebut?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Simak ulasan ustaz kali ini, Rabu (26/8/2015), yang pernah dimuat di Harian Umum Solopos, Jumat (15/8/2014) lalu.

Pertanyaan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Saya mahasiswa Bapak di Fakultas Hukum Universitas Islam Batik (Uniba) Solo semester VII. Saya ingin bertanya tentang pengertian serta perbedaan antara wahyu dan ilham.

Waktu saya mengikuti kuliah kurang jelas dan paham karena saya terlambat masuk ruang kuliah. Mohon dijelaskan secara sistematis dan berdasarkan dalil yang benar. Terima kasih atas jawaban Ustaz.
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. [Sofyan Adenugroho, mahasiswa Uniba Solo]

Ustaz Menjawab

Wa’alaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh.

Ananda Sofyan Adenugroho yang saya sayangi, sebenarnya dalam kuliah sudah saya terangkan panjang lebar tentang pengertian/perbedaan antara wahyu dan ilham.

Dasar saya menjawab pertanyaan Anda adalah beberapa kitab yang cukup terkenal yaitu kitab Risalatut Tauhid karangan Syekh Muhammad Abduh, terutama yang dimuat di halaman 108; kitab Al Kulliyat karya Imam Abul Baqo’, terutama yang dimuat di dalam halaman 373; dan kitab At Ta’rifat karya Syarif Ali Muhammad Al Jurjani, terutama yang dimuat di halaman 34.

Dalam kitab tersebut dijelaskan tentang perbedaan wahyu dan ilham. Perbedaan keduanya antara lain sebagai berikut:

1. Wahyu datang melalui atau dengan perantaraan malaikat Jibril, sedangkan ilham datang melalui penghunjaman langsung oleh Allah kepada yang dikehendaki-Nya.

2. Wahyu hanya diterima para nabi atau rasul, sedangkan ilham dapat diterima oleh siapa saja yang dikehendaki Allah, baik sewaktu pintu kenabian masih terbuka maupun setelah tertutup.

3. Wahyu diterima untuk kemaslahatan seluruh umat manusia atau umat tertentu, sedangkan ilham hanya untuk yang menerimanya.

4. Pintu wahyu telah tertutup sejak berakhirnya tugas kenabian yaitu setelah Nabi Muhammad SAW diutus, sehingga wahyu dikenal oleh kalangan ‘Ulumul Quran dengan istilah tertutup rapat pintunya. Sedangkan pintu ilham selalu terbuka selagi ada manusia dan berlaku sepanjang masa, sehingga ilham terkenal di kalangan ulama ‘Ulumul Quran dengan istilah selalu terbuka pintunya.

Ananda Sofyan Adenugroho yang dirahmati Allah, itulah antara lain perbedaan antara wahyu dan ilham. Sebenarnya keduanya merupakan suatu hal yang bersifat spiritual, namun berbeda fungsi dan batas ruang lingkup berlakunya. Bila kurang jelas silakan Ananda membaca tiga buku  tersebut sebagai sumber data. Mudah-mudahan Anda menjadi paham adanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya