SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi membaca Alquran. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Tentang Islam diasuh oleh H. Muhammad Amir, S.H., C.N., Ketua Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Tentang Islam juga dimuat di subrubrik Ustaz Menjawab Khazanah Keluarga Harian Umum Solopos, setiap Jumat.

Solopos.com, SOLO — Pertanyaan seputar Alquran diajukan oleh seorang mualaf di Makamhaji, Kartasura, Surakarta. Pertanyaan tersebut mengenai kewajiban seorang mualaf terhadap Alquran, mengingat mualaf tersebut baru belajar kitab suci umat muslim tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bagaimana ulasan mengenai hal itu? Simak jawabannya kali ini, sebagaimana pernah dimuat di Harian Umum Solopos, Jumat (15/3/2013) lalu.

Pertanyaan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bapak pengasuh yang saya hormati.

Saya baru dua tahun masuk Islam. Kewajiban salat, zakat, puasa Ramadan sudah saya lakukan. Saya sudah mendaftarkan diri untuk beribadah haji dan Insya Allah pada 2016 bisa melakukan ibadah haji.

Yang menjadi cita-cita saya adalah bisa membaca Alquran dan mengetahui artinya.

Pertanyaan saya Pak Ustaz:

1. Karena Alquran berbahasa Arab, di mana saya harus kursus bahasa Arab?

2. Apa artinya Alquran sebagai mukjizat?

3. Apa kewajiban saya sebagai seorang muslim terhadap kitab suci Alquran?
Wassalamualaikum Wr. Wb. [Welly Nugroho, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo]

Ustaz Menjawab

Waalaikumsalam Wr. Wb.
Saudara Welly Nugroho yang dirahmati Allah. Saya ikut bersyukur bahwa Anda mendapat hidayah dari Allah Yang Kuasa dan Maha Agung.

Setelah Anda membaca dua kalimat syahadat, semua dosa yang pernah Anda lakukan diampuni oleh Allah SWT.

Alhamdulillah Anda sudah melakukan salat lima waktu, mengeluarkan zakat, puasa Ramadan dan mendaftar haji. Berikut jawaban atas pertanyaan Anda:

Nabi Muhammad SAW bersabda: Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara, apabila Anda berpedoman dua perkara tersebut Anda dijamin tidak tersesat dan bahagia dunia akhirat, yaitu kitab suci Alquran dan Sunah Rasulullah SAW.

Mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW adalah kitab suci Alquran. Alquran adalah kitab suci Allah yang terakhir. Alquran adalah pedoman hidup bagi kaum muslimin dan muslimat. Alquran petunjuk hidup bagi orang-orang yang bertakwa.

Adapun kewajiban seorang muslim terhadap kitab suci Alquran antara lain sebagai berikut:

a. Usahakan Anda memiliki Alquran yang ditulis dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kata per kata.

b. Silakan Anda beli buku belajar bahasa Arab dari awal dan mintalah dibimbing oleh ustaz terdekat.

c. Bacalah Alquran setiap hari, meskipun hanya beberapa ayat. Membaca setiap huruf Alquran mengandung pahala. Saya siap membimbing Anda agar bisa membaca Alquran dengan tartil serta tadabur. Saya longgar pada Minggu pukul 16.00-17.00 WIB di rumah.

d. Baca dan kuasai Surat Al Fatihah terlebih dahulu karena setiap salat harus dan wajib dibaca.

Setelah itu baru surat-surat pendek seperti Surat Al Ikhlas, An Nas, Al Kautsar, dan sebagainya.

e. Nabi Muhammad SAW bersabda: Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya (HR Bukhori, Abu Dawud dan Ahmad).



Orang yang pandai membaca Alquran akan bersama para pemuka yang agung dan mulia. Orang yang membaca Alquran dengan terbata-bata dan merasa kesulitan, ia akan mendapat dua pahala (HR Bukhori Muslim).

Firman Allah dalam Surat Al Qomar: 17, yang artinya: Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah bergetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya maka bertambahlah iman mereka (QS An Anfal: 2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya