Tenda Darurat IGD RS di Solo Mulai Dibongkar

Tenda darurat sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kota Solo mulai dibongkar.

 Tenda darurat BNPB di halaman RSUD dr Moewardi Solo, Jumat (25/6/2021). (istimewa)

SOLOPOS.COM - Tenda darurat BNPB di halaman RSUD dr Moewardi Solo, Jumat (25/6/2021). (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dinas  Kesehatan Kota (DKK) Solo menyebut sejumlah rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di Kota Bengawan mulai membongkar tenda darurat yang semula difungsikan sebagai instalasi gawat darurat (IGD) sementara. Hal itu dilakukan menyusul tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) isolasi dan ICU yang menurun.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan BOR yang turun tersebut salah satunya dipengaruhi oleh pasien rujukan dari luar kota.

“Jadi tenda itu ‘kan menggambarkan IGD, saya minta di IGD jangan keleleran, sehingga kami beri tenda. Terus diberi dari Kemensos (Kementerian Sosial) itu maksudnya memberi kenyamanan. Setelah IGDnya turun bisa masuk semua, ya tendanya dilepas. Tapi, kapasitas ruang isolasi maupun ICU di belasan RS itu saya minta tetap dipertahankan di angka 1.200an. Semestinya daerah sekitar juga meningkatkan (kapasitas) bareng-bareng,” kata dia, kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Pesisir Pantura Jateng Menolak Tenggelam, Ini Jurus Gubernur Ganjar

Ning, panggilan akrabnya, mengatakan pasien yang dirawat di belasan RS tersebut tak hanya warga Solo namun juga rujukan luar kota. Hanya 30% dari BOR disumbang oleh warga ber-KTP Solo. Keduanya mengalami penurunan sehingga berpengaruh pada BOR total.

“Mudah-mudahan terus turun seperti Januari kemarin itu ya, bisa tidur. Untuk bisa turun bagaimana, kerjasama seluruh pihak, yang terpenting masyarakat patuh pada protokol kesehatan,” jelasnya.

Kendati BOR sudah mengalami penurunan, namun pihaknya tak mengizinkan RS tersebut mengalihkan fungsi bed Covid-19 untuk perawatan biasa. RS pun tak mengajukan izin pengalihan fungsi.

Baca juga: Luhut Targetkan Vaksinasi Covid-19 di Solo Capai 75 Persen pada Agustus

“BOR Solo cuma 71% pada Rabu (4/8/2021), kemudian untuk ICU masih 80%. Kalau dilihat, dulu sempat sampai 100% dan menolak pasien. Saya berharap turun terus, tapi butuh kerja sama semua pihak untuk menjaga protokol kesehatan,” beber Ning.

Terpisah, Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moewardi (RSDM) Solo kembali membongkar salah satu tenda yang didirikan di parkiran RS setempat. Ini adalah kali kedua RS yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah itu membongkar tenda.

“Dari tiga sisa dua, kemudian tinggal satu ini. Kemudian untuk BOR totalnya di angka 200an dari 600an yang tersedia. Ini karena penurunan kasus Covid-19,” terang Direktur RSDM Solo, Cahyono Hadi, Kamis sore.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Berita Terkini

Ada DPC PDIP di Jateng Dukung Ganjar, Ini Komentar Wawali Solo

Wawali Solo Teguh Prakoso yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo menanggapi ihwal dukung mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Selain Bhre-Paundra, Sosok Ini Dinilai Layak Pimpin Mangkunegaran Solo

Selain Bhre dan Paundra yang merupakan putra Mangkunagoro IX, ada sosok lain yang dianggap layak memimpin Pura Mangkunegaran Solo.

Agrowisata Desa Pasung Klaten Punya Koleksi 1.000 Lebih Tanaman Buah

Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten mengembangkan agrowisata, sejak empat tahun terakhir. Hingga sekarang, Desa Pasung telah memiliki lebih dari 1.000 tanaman buah.

Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Bupati Wonogiri Beri Sinyal Siswa Boleh Naik Angkot Saat PTM

Saat pembelajaran tatap muka (PTM) nanti berlangsung, siswa di Wonogiri akan diperkenankan naik transportasi umum.

Akibat Korsleting Listrik, Kandang Kambing di Sambirejo Sragen Hangus

Kebakaran menghanguskan kandang kambing milik, Pranoto, 45, warga Jatirejo RT 004, Blimbing, Sambirejo, Sragen.

Siap-Siap, Disdik Kota Solo akan Tes Covid-19 Acak di Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah.

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.