Solopos.com, SOLO — Tiket atau kuota tempat duduk penumpang untuk keberangkatan jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 menggunakan moda transportasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) tujuan dari dan ke Solo masih tersedia 50%.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, mengatakan tiket kereta api untuk keberangkatan Nataru masih banyak tersedia sekitar 50%. Bahkan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah KA tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang kerap terjadi pada libur Natal dan akhir tahun.

Terlebih momen Nataru ini berbarengan dengan hari libur sekolah. “Pada momen Nataru kemungkinan besar terjadi lonjakan penumpang. Kami perkirakan sekitar 20% yang melalui Stasiun Solo Balapan,” ujarnya, saat ditemui wartawan, Selasa (3/12/2019).

Suharyanto menjelaskan PT KAI berencana mengoperasikan KA tambahan saat libur Nataru mendatang. Namun demikian, pihaknya menunggu arahan dari pusat kapan KA ini meluncur untuk mengangkut penumpang yang diperkirakan naik ketika liburan nanti.

Dalam hal ini ada tiga KA tambahan yang disiapkan, yakni KA Argo Lawu Fakultatif, Argo Dwipangga Fakultatif, dan Lodaya Nataru. Namun demikian, jika menilik tahun lalu operasional KA tambahan tersebut pada 20 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019.

Di sisi lain, pihaknya fokus pada penerapan perubahan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) yang baru berlaku mulai 1 Desember 2019. Menurutnya, trafik baru berdasarkan Gapeka sudah terbaca dan tinggal butuh penyesuaian saja khususnya jadwal pemberangkatan dan kedatangan kereta api.

“Resmi beroperasinya rel ganda tentu membuat perjalanan KA semakin sering. Di Stasiun Solo Balapan, ada 3 KA baru yang mampir, yakni KA Mataram, KA Sancaka Utara, dan KA Anjasmoro,” imbuhnya.

Di samping itu, dari pantauan Solopos.com melalui aplikasi KAI Access tiket kereta api Solo–Jakarta via Solo Balapan sebagai contoh untuk Selasa–Rabu (24-25/12/2019) masih tersedia sejumlah KA, seperti Gajayana, Gajayana Fakultatif, Gajayana Luxury, Argo Lawu, Argo Lawu Luxury, Argo Lawu Fakultatif, Argo Wilis, Argo Dwipangga, Argo Dwipangga Fakultatif, Turangga, Bima, dan Mutiara Selatan. Adapun harga tiket mulai Rp465.000 sampai Rp1,3 juta.

Sedangkan tiket KA rute Solo–Jakarta pada Selasa (31/12/2019), juga masih tersedia, antara lain ada KA Gajayana, Gajayana Fakultatif, Gajayana Luxury, Argo Lawu, Argo Lawu Luxury, Argo Lawu Fakultatif, Argo Wilis, Argo Dwipangga, Argo Dwipangga Fakultatif, Turangga, Bima, dan Mutiara Selatan. Sementara harga tiketnya mulai Rp465.000–Rp1,3 juta.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten