Tenang, Stok Pangan NTB Terpenuhi Jelang World Superbike di Mandalika

Perlu diwaspadai kelangkaan beberapa komoditas yang sebelumnya terjadi seperti cabai rawit, cabai merah, daging ayam ras, dan minyak goreng.

 Foto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). Sirkuit MandalikaÊ merupakan salah satu sirkuit terbaik menggunakan teknologi "Stone Mastic Asphalt" (SMA) yaitu salah satu jenis campuran aspal panas yang dapat digunakan sebagai lapis permukaan lintasan dengan prinsip kontak "stone by stone" dan saat ini sirkuit Mandalika siap untuk menggelar event balap motor FIM Superbike World Championship (WSBK) pada 12-14 November 2021. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). Sirkuit MandalikaÊ merupakan salah satu sirkuit terbaik menggunakan teknologi "Stone Mastic Asphalt" (SMA) yaitu salah satu jenis campuran aspal panas yang dapat digunakan sebagai lapis permukaan lintasan dengan prinsip kontak "stone by stone" dan saat ini sirkuit Mandalika siap untuk menggelar event balap motor FIM Superbike World Championship (WSBK) pada 12-14 November 2021. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

Solopos.com, MATARAM — Event World Superbike akan digelar pada 19-21 November 2021 di Sirkuit Mandalika, Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemprov NTB dan Bank Indonesia (BI) perwakilan NTB memastikan ketersediaan bahan pangan strategis terpenuhi selama perhelatan berlangsung.

BI NTB mendorong kolaborasi antarkabupaten di NTB untuk memenuhi permintaan pangan yang dibutuhkan selama balapan di Sirkuit Mandalika.

Bahan pangan strategis seperti beras, rempah-rempah, daging, sayur hingga buah ketersediannya perlu dikendalikan agar tidak terjadi kelangkaan ketika event berlangsung.

Baca juga: Mandalika Sirkuit Terindah di Dunia, Ini Faktanya

Kepala Perwakilan BI NTB Heru Saptaji pada Kamis (30/9/2021) menjelaskan perlu diwaspadai kelangkaan beberapa komoditas yang sebelumnya terjadi seperti cabai rawit, cabai merah, daging ayam ras, dan minyak goreng.

“Komoditas tersebut paling sering menyumbang inflasi di NTB, karena ketika terjadi pemulihan permintaan, ternyata pasokannya tidak ada sehingga menyebabkan lonjakan harga. Masalah ini perlu diperhatikan untuk pasokan pangan ke Mandalika,” jelas Heru.

Tren Perbaikan Ekonomi

Sebagai informasi, Volatile Food Inflation (VFI) menjadi pendorong inflasi di NTB mencapai 1,75 persen pada Agustus 2021, dan lebih tinggi dari inflasi nasional sejumlah 1,59 persen.

“VFI perlu menjadi alert karena inflasi yang terjadi tersebut utamanya didorong oleh dominasi volatile food yang relatif kerap tinggi sejumlah 5,76 persen (yoy) per Agustus 2021,” ujar Heru.

Baca juga: Keamanan Balapan di Mandalika Disorot Pembalap Dunia, Dorna: Aman Kok!

Dia menambahkan BI NTB mencatat kenaikan tekanan VFI diindikasikan sejalan dengan tren perbaikan perekonomian yang mendorong adanya pemulihan permintaan, namun belum diimbangi dengan ketersediaan pasokan yang mencukupi sehingga terjadi kondisi tidak seimbang antara permintaan dan pasokan bahan pangan.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menjelaskan animo penonton yang tinggi saat event World Superbike membutuhkan ketersediaan pangan yang cukup.

“TPID perlu memastikan ketersediaan pangan strategis di Mandalika,” Jelas Zul.

Untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pangan strategis, TPID direkomendasikan menggelar pasar murah, penguatan kluster volatile food dan bekerjasama dengan pihak terkait seperti BUMD untuk memenuhi pasokan pangan.

Baca juga: Wisata Bali Berharap Imbas dari Superbike Mandalika 2021

Berita Terkait

Berita Terkini

Mau Ajukan KPR secara Online? Coba Fitur Menarik BRI Ini

Calon nasabah juga dapat melakukan tracking atau memantau progres pengajuan KPR tersebut secara real time online.

KPR BRI Virtual Expo Banjir Peminat, Kredit Rumah Tembus Rp1 Triliun

KPR BRI Virtual Expo yang kali kedua ini merupakan salah satu komitmen BRI untuk mendukung pemenuhan tempat tinggal bagi masyarakat.

HUT ke-33, FIF Group bakal Tanam 33.000 Pohon Sepanjang 2022

FIF Group berkolaborasi yang berada pada jangkauan network perusahaan di 235 cabang seluruh Indonesia untuk penanaman 33.000 pohon.

Mantap! Pabrik Pakaian di Semarang Ini 100% Pakai Listrik EBT

Untuk mewujudkan penggunaan EBT secara maksimal, PLN membutuhkan dukungan pelanggan, salah satunya adalah melalui pembelian REC ini.

Persaingan Ketat, Berikut 5 Skill yang Harus Dimiliki di Era Digital 

Teknologi digital mampu menciptakan berbagai pekerjaan atau profesi baru yang menghasilkan pundi pundi uang. 

Keunikan Tradisi dan Menu Khas Imlek Berpadu di The Alana Yogyakarta

Tahun Baru Imlek 2022 ini tak hanya menghadirkan berbagai menu masakan ala hotel berbintang tapi The Alana Hotel Yogyakarta juga menghadirkan acara hiburan lainnya.

Imlek di The Sunan Hotel Solo, Ada Jamuan Makan Malam Spesial Plus Barongsai

Untuk membangkitkan nostaliga para tamu, The Sunan Hotel Solo juga menyediakan aneka kuliner tradisional saat malam Imlek.

Ini Dia Peraih Best of The Best Diplomat Success Challenge 12

Pemerintah mendorong pelaku UMKM ke pasar global. Sehingga dibutuhkan ekosistem kewirausahaan dan DSC merupakan wadah untuk mempersiapkan mereka.

Bisa Meningkatkan Bisnis, Begini Cara Mudah Merchant Daftar QRIS

Quick Response Code Indonesian Standar (QRIS) adalah penyatuan QR Qode dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP).

Memanfaatkan Email Marketing untuk Kesuksesan Bisnis, Begini Caranya

Digital Marketing Specialist Niagahoster, Dimas Gandhi Purba Diwantara mengatakan email memiliki beberapa keunggulan jika digunakan sebagai sarana marketing.

Terkait Dana Bansos Rp2,7 Triliun Tertahan di Himbara, Ini Respons BRI

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan, BRI beserta bank Himbara lainnya telah melaksanakan tugas dalam penyaluran bansos sesuai dengan tupoksinya masing masing.

Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA Dimulai Pertengahan 2022, Anggarannya?

Pembebasan lahan tol Jogja-Yogyakarta International Airpot (YIA)  Kulonprogo diperkirakan akan dimulai pada pertengahan 2022.

Meningkatkan Okupansi dan Wisata Soloraya Lewat Hotel Expo 2022

Sedikitnya 25 stan berdiri di grand atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, Rabu (19/1/2022) memamerkan dan pusat informasi potensi hotel-hotel peserta Hotel Expo 2022.

Kompak Naik Nih! Cek Yuk Harga Emas Pegadaian Jumat 21 Januari 2022

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian Jumat (21/1/2022) ini terpantau naik baik untuk emas UBS maupun Antam.

Webinar JNE: Mengungkap Rahasia UMKM Bertahan Diterjang Pandemi

Setidaknya ada tiga kiat utama untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) maupun ekonomi kreatif agar bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah Tolak Rencana Kerja 460 Perusahaan Tambang, Kenapa?

Pemerintah menolak sebanyak 460 rencana kerja dan biaya (RKAB) 2022 dari perusahaan pertambangan mineral dan batu bara.