SOLOPOS.COM - Asap hitam masih membubung dari kilang Pertamina RU VI Balongan, Indramayu yang terbakar. (detik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipastikan aman. Kendati sebelumnya kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Jabar) kebakaran beberapa hari lalu.

Hal ini disampaikan Manajer Komunikasi, Relasi dan CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT), Brasto Galih Nugroho, Rabu (31/3/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Brasto, sebagian besar pasokan BBM dan elpiji wilayah Jateng dan DIY berasal dari Refinery Unit (RU) IV Cilacap. Melalui tujuh integrated fuel dan elpiji terminal yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca juga: Api di Dua Kilang Pertamina Balongan Sudah Padam, Tersisa Dua Lagi

Untuk pasokan BBM dan elpiji di Jateng penyaluran dilakukan fuel terminal di Boyolali, Maos, Lomanis, Tegal, Semarang dan Cilacap. Sedangkan untuk wilayah DIY, distribusi BBM dan elpiji ditangani Fuel Terminal Rewulu di Kabupaten Bantul.

“Sedangkan untuk depot pengisian pesawat udara (DPPU) Bandara Ahmad Yani Semarang, avturnya juga konsolidasi Fuel Terminal Rewulu,” ujar Brasto dalam keterangan resmi.

Brasto menambahkan bahwa DPPU Adisutjipto Yogyakarta, DPPU Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, DIY dan DPPU Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah disuplai avturnya dari RU IV Cilacap.

“Kami sangat prihatin dengan yang terjadi di Balongan, Indramayu. Namun pasokan BBM dan elpiji di wilayah Jateng dan DIY, kami pastikan aman dan tak terdampak,” imbuh Brasto.

Baca juga: Persiapan Uji Coba PTM, 300 Guru di Salatiga Divaksin

Brasto menambahkan saat ini rata-rata ketahanan stok BBM di fuel terminal yang ada di Jateng dan DIY adalah 11 hari. Dengan ketahanan stok itu, ia pun meminta konsumen tidak khawatir dengan ketersediaan BBM maupun elpiji.

“Konsumen juga bisa memberikan pertanyaan atau masukan terkait pasokan maupun distribusi BBM, elpiji dan produk lainnya dari Pertamina melalui nomor 135. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi ke seluruh pelanggan yang setia menggunakan produk kami,” tutur Brasto.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya