SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencari kerja (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Harianjogja.com, KULONPROGO – Pencari kerja tamatan SMA dan SMK asal Kulonprogo menyasar Pulau Batam sebagai tempat favorit untuk bekerja.

Jelang kelulusan tingkat SMA sederajat, kata Kepala Seksi Penyedia Lowongan Kerja dan Penempatan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo, Juminah, penyedia kerja mulai mendatangi layanan penyedia lowongan kerja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di sana [Pulau Batam] industrinya banyak diincar para pencari kerja dari sini. Salah satunya karena standar gajinya cukup tinggi,” kata dia kepada Harianjogja.com, Jumat (2/5/2014).

Sebelum pelaksanaan UAN tingkat SMA sederajat, pihaknya telah melakukan sosialisasi di sejumlah desa di kabupaten tersebut. Tahun ini, Dinsosnakertrans Kulonprogo menargetkan dapat menyalurkan 1.000 pekerja.

Kendati demikian, tahun ini Dinsosnakertrans setempat hanya dapat menampung 30 siswa untuk disalurkan ke perusahaan yang dibutuhkan. Sebab Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini untuk kebutuhan tersebut terbatas.

“Jadi hanya enam sekolah saja yang mendapat sosialisasi tersebut,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya