SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencari kerja (JIBI/Dok)

Tenaga kerja Klaten masih banyak yang berniat mencari pekerjaan di kota besar. Hal ini dibuktikan dengan permintaan kartu pencari kerja yang meningkat 40 persen.

Solopos.com, KLATEN – Permintaan kartu pencari kerja atau AK1 di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten meningkat setelah Lebaran. Naiknya permintaan kartu AK1 diperkirakan terjadi satu pekan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kasi Pelatihan dan Penempatan Kerja, Heru Wijoyo, mengatakan ada peningkatan permintaan kartu AK1 setelah Lebaran tahun ini. “Setelah Lebaran, permintaan naik menjadi 100-150 kartu AK1 setiap harinya. Atau naik 20-40% dibanding permintaan pada hari biasa,” ujar dia saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/7/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan pengalaman pada Lebaran tahun lalu, naiknya permintaan kartu AK1 setelah Lebaran terjadi selama satu pekan. Ia memperkirakan kondisi serupa juga bakal terjadi pasca Lebaran tahun ini.

Heru mengatakan kebanyakan para pencari kartu AK1 menyatakan niat untuk bekerja di sejumlah kota besar seperti Jakarta. Mereka rata-rata berusia 18-20 tahun.

Terkait jumlah kartu AK1 yang sudah diterbitkan oleh Dinsosnakertrans selama 2015, Heru menjelaskan ada 19.190 kartu AK1. Sebagian besar para pencari kartu merupakan lulusan SMK.

Soal berapa banyak para pencari kerja, Heru menjelaskan hingga kini belum ada laporan dari para pencari tersebut. “Harapan kami yang sudah mendapatkan pekerjaan itu segera melapor ke Dinsosnakertrans,” katanya.

Sementara itu, salah satu pencari kartu AK1, Arisera, 17, berniat menggunakan kartu itu untuk melamar pekerjaan di Solo. Ia mengaku baru lulus dari salah satu SMK di Purwekorto. “Rencana nanti mau melamar bekerja di salah satu hotel di Solo,” urai wanita asal Ketandan, Klaten Utara.

Pencari kartu lainnya, Nurin Rahmawati, 18, mengatakan seusai mendapatkan kartu AK1 ia berniat melamar pekerjaan di salah satu perusahaan di Cikarang, Jawa Barat.  “Nanti surat lamaran mau saya titipkan ke salah satu kerabat yang sudah bekerja di sana,” katanya. (Taufiq Sidik Prakoso)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya