TENAGA KERJA ASING : Pekerja Asing di Jateng Wajib Berbahasa Indonesia

 Ilustrasi pekerja asing (JIBI/Harian Jogja/Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pekerja asing (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Tenaga kerja asing yang bekerja di perusahaan di Jawa Tengah diwajibkan melengkapi diri dengan sertifikasi kemahiran bahasa Indonesia.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Tengah tetap mensyaratkan kemampuan berbahasa Indonesia bagi tenaga kerja asing yang bekerja Jateng. Ketentuan itu telah dihapuskan oleh pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Kepala Disnakertransduk Jawa Tengah (Jateng) Wika Bintang mengatakan tenaga asing di Jateng wajib sertifikasi kemahiran bahasa Indonesia. Sertifikasi itu didapatkan melalui Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) yang diselenggarakan lembaga resmi terkait.

”Syarat wajib bisa bahasa Indonesia bagi tenaga kerja asing ini mulai berlaku pada 2016,” katanya.

Ketentuan wajib berbahasa Indonesia ini, menyusul mulai diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada Januari 2016. Wika lebih lanjut menyatakan, sudah ada 50 orang tenaga kerja asing yang saat ini belajar bahasa Indonesia di lembaga bahasa Universitas Negeri Semarang (Unnes).

”Lembaga bahasa sudah mempunyai metode khusus sehingga hanya butuh waktu tiga bulan pekerja asing sudah bisa berbahasa Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Wika saat ini jumlah pekerja asing di Jateng sebanyak 1.823 orang berasal dari 58 negara yang tersebar di 35 kabupaten/kota. Pekerja asing itu kebanyakan bekerja di sektor garmen, furniture, plywood.”Tenaga kerja asing tidak bisa menduduki semua jabatan yang ada di perusahaan,” tandasnya.

Berdasarkan data Disnakertransduk Jateng jumlah tenaga kerja asing di provinsi ini paling banyak barasal dari Tiongkok sebanyak 519 orang, disusul Korea Selatan (328 orang). Selain itu juga India (128 orang), Jepang (126 orang), Taiwan (123 orang), Sri Lanka (65 orang), Filipina (62 orang), Amerika Serikat (61 orang), Malaysia (50 orang), Inggris (35 orang), Perancis (34 orang), Australia (30 orang) dan negara lain jumlah pekerja asing di bawah 30 orang.

Wika Bintang menambahkan tenaga kerja asing dizinkan bekerja di Indonesia maksimal dua tahun dan harus mengurus perizinan tiap tahun.”Serta membayar pajak tiap bulan senilai US$100 yang masuk ke pendapatan asli daerah masing-masing,” ujarnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

+ PLUS Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

Berita Terkini

Tesla PHK Ratusan Pekerja Autopilot di California AS, Ini Alasannya

Produsen mobil listrik Tesla Inc. melakukan PHK ratusan pekerja di divisi autopilot perusahaan setelah menutup fasilitas produksi kendaraan listrik di California, Amerika Serikat  (AS).

Hore! Pasar Hewan di Klaten Sudah Buka Hari Ini, Cek Dulu SOP-nya

Pemkab Klaten kembali membuka seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (29/6/2022) setelah ditutup selama lebih dari sebulan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

Daftar Kecamatan Terpadat di Jateng, Wilayahmu Termasuk?

Berikut daftar lima kecamatan terpadat di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng, daerahmu termasuk?

Mondosiyo Sudah Jadi WBTB, Warga Karanganyar Minta Dukungan Pemerintah

Warga Pancot, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar meminta peran lebih pemerintah dalam pengembangan Mondosiyo setelah tradisi turun temurun ini ditetapkan menjadi warisah budaya tak benda.

Jembatan Jurug B Solo Dibongkar 1 Oktober 2022, Begini Rencananya

Pemerintah bakal membongkar jembatan Jurug B selama tiga bulan, yakni pada 1 Oktober 2022 sampai 17 Januari 2023 dan pengalihan arus lalu lintas juga mulai 1 Oktober 2022.

Kasus PMK di Sragen Hampir 1.000 Ekor, Pasar Hewan Tetap Dibuka 5 Juli?

Kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK di Kabupaten Sragen terus bertambah hingga mendekati angka 1.000 ekor, tetapi Pemkab berencana membuka pasar hewan mulai 5 Juli 2022.

Bagus Setyawan Jabat Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro

Letkol (Inf) Anggun Wuriyanto menyerahkan jabatan Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad kepada Mayor (Inf) Bagus Setyawan dalam upacara sertijab, Selasa (28/06/2022).

IHSG Dibuka Melemah 6.973,12, Sejumlah Saham Ambrol

Pembukaan perdagangan saham hari ini, Rabu (29/6/2022), IHSG dibuka melemah

1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

Jadwal, Aturan dan Skema 8 Besar hingga Final Piala Presiden 2022

Jadwal perempat final Piala Presiden 2022 digelar 1-3 Juli sedangkan semifinal 7 dan 11 Juli dan final pada 14 dan 17 Juli.

2 Motor Adu Banteng di Jl Ngawi-Sragen Sambungmacan, 1 Orang Meninggal

Kecelakaan adu banteng di Jalan Ngawi-Sragen, tepatnya depan Puskesmas Sambungmacan 2 Dukuh Sundo Asri RT 018, Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen pada Selasa (28/6/2022).

Kurs Rupiah Dibuka Lesu di Level Rp14.848 Per Dolar AS

Mata uang Asia lainnya dibuka bervariasi, yakni yen Jepang yang naik 0,07%, won Korea Selatan melemah 0,53%, yuan China naik 0,09%, dan ringgit Malaysia naik 0,06%

PPN 11 Persen Berpotensi 700.000 Orang Jatuh Miskin, Kok Bisa?

Bank Dunia menyebut kenaikan PPN menjadi 11 persen membuat bertambahnya warga miskin di Indonesia.

Solopos Hari Ini: Evaluasi PeduliLindungi

Sosialisasi dan masa transisi terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak gorenq curah rakyat (MGCR) mulai dilakukan Senin (27/6/2022). Sejumlah kritik mengalir, mulai dari akses hingga keamanan data.