SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Marunda, Jakarta Utara,Kamis (18/10). (Foto: Dokumentasi)

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Marunda, Jakarta Utara,Kamis (18/10). (Foto: Dokumentasi)

JAKARTA—Stamina Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo boleh diakui luar biasa. Tiada lelah, sejak menjabat Gubernur DKI, dia keluar masuk kampung, blusukan ke lokasi-lokasi kemacetan. Lalu apa rahasia stamina kuat Jokowi?

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Kali ini, di sela-sela kesibukannya Rabu (24/10) Jokowi sempat berbagi resep agar tidak mudah lelah dalam beraktivitas sehari-hari.

“Setiap pagi, saya selalu minum air seduhan temulawak dicampur kacang hijau dan madu yang dibuat oleh istri. Saya tidak pernah sarapan. Minuman itulah sarapan saya,” kata Jokowi ketika tengah menikmati makan siang bersama awak media di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat.

Menurut Jokowi, temulawak memiliki kandungan curcuma yang berfungsi memperbaiki fungsi hati, sehingga tubuh tidak mudah merasa lesu dan lelah.

“Di dalam temulawak itu, ada kandungan yang namanya curcuma. Kandungan itu bertugas untuk memperbaiki fungsi hati. Efeknya adalah tubuh menjadi tidak cepat capek karena fungsi hati tidak terganggu,” ujar Jokowi.

Yang dia maksud temulawak alias Curcuma xanthorhizza. Rempah dan tanaman obat ini sudah sangat terkenal di kalangan mana saja dengan khasiatnya menyegarkan badan. Jokowi mengaku sudah mengonsumsi minuman tersebut sejak 14 tahun silam, yakni ketika bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspor-impor.

“Saya sudah minum air temulawak itu selama 14 tahun. Sejak saya bekerja di perusahaan ekspor-impor. Sewaktu bekerja disana, saya sering pulang jam dua pagi, bahkan tak jarang sampai jam empat pagi. Stamina saya harus kuat,” tutur Jokowi.

Hari ini, Jokowi melakukan kunjungan ke beberapa pasar di Jakarta, diantaranya Pasar Senen, Pasar Cempaka Sari dan Pasar Abdul Gani. Selain itu, Jokowi juga menyempatkan diri meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya