Kategori: Internasional

Temui Paus Fransiskus, Melania Trump Pakai Kerudung, Kenapa?


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com

Melania Trump membuat warganet bingung lantaran memakai kerudung saat berkunjung ke Vatikan.

Solopos.com, VATIKAN – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dan istrinya, Melania Trump, tiba di Vatikan, Rabu (24/5/2017) pagi, waktu setempat. Keduanya dijadwalkan bertemu dengan pemimpin tertinggi umat Katolik di seluruh dunia, Paus Fransiskus.

Sebelum bertolak ke Vatikan, Melania mendampingi suaminya berkunjung ke Arab Saudi untuk bertemu Raja Salman bin Abdul Aziz. Di negara Islam tersebut ia tidak mengenakan jilbab. Ia memakai jumpsuit hitam longgar untuk bertemu Raja Salman. Sementara pada saat jamuan makan malam, ia mengenakan gaun panjang berwarna magenta.

Sementara saat di Vatikan, Melania terlihat memakai kerudung sebagai penutup kepala. Hal itu tentu saja membuat banyak orang penasaran. Mengapa Melania mengenakan kerudung saat di Vatikan, sementara di Arab Saudi tidak? Mereka mengomentari foto Melania yang tersebar di media sosial.

Dilansir Washington Post, Melania memakai tudung yang biasa disebut dengan mantilla sebagai bentuk penghormatan kepada Paus Fransiskus. Menurut juru bicaranya, Stephanie Grisham, penampilan Melania telah dikonsultasikan oleh pihak protokoler Departemen Luar Negeri AS.

"Penampilan Melania telah dikonsultasikan kepada beberapa pihak. Kali ini, ia mengenakan mantilla atas permintaan protokol Vatikan. Menurut aturan, seorang wanita yang hendak bertemu dengan Paus harus mengenakan busana hitam lengan panjang dan menutup kepala dengan mantilla," tutur Grisham.

Grisham menambahkan, kunjungan Melania ke Arab Saudi dan Vatikan jelas sangat berbeda. Di Arab Saudi, ia bertemu dengan kepala negara muslim. Sementara di Vatikan, ia bertemu dengan pemuka agama.

"Kunjungan ke Arab dan Vatikan jelas berbeda. Di Arab, ia bertemu dengan kepala negara, sementara di Vatikan dengan pemuka agama. Kebanyakan wanita yang bertemu dengan Paus memang selalu mengenakan mantilla sebagai bentuk penghormatan," paparnya. (

 

Share
Dipublikasikan oleh
Septina Arifiani