SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Presiden AS, Donald Trump akhirnya melangkah ke tanah wilayah Korea Utara untuk pertama kalinya. Hal itu terjadi saat Trump bertemu dengan Pemimpin Korea UItara Kim Jong-un di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi dua Semenanjung Korea, Minggu (30/6/2019).

Pertemuan sembari jabat tangan itu merupakan tontonan diplomatik simbolis dan yang pertama dilakukan seorang presiden Amerika Serikat. Setelah berjabat tangan dengan Kim tepat pada garis batas yang menandai kedua negara Trump berjalan beberapa langkah ke wilayah Korea Utara, sebelum berjabat tangan lagi.

Promosi Punya Holding Ultra Mikro, Saham BBRI Diprediksi akan Terus Cetak Rekor

Kedua pemimpin itu kemudian berjalan ke wilayah Korea Selatan bersama-sama dan berhenti sejenak untuk sesi foto. Keduanya bergabung dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

“Ini hari yang hebat bagi dunia dan merupakan kehormatan bagi saya untuk berada di sini,” kata Trump seperti dikutip channelnewsasia.com, Minggu (30/6).

Trump menanambahkan bahwa banyak hal besar yang terjadi.

Pertemuan dadakan di DMZ, yang terjadi setelah Trump mengeluarkan ajakan kepada Kim di Twitter pada Sabtu, dilakukan setelah negosiasi antara Pyongyang dan Washington mengenai persenjataan nuklir Korea Utara menemui jalan buntu di Hanoi Februari lalu.

KTT pertama mereka berlangsung dalam sorotan antusias media massa di Singapura tahun lalu, tetapi menghasilkan janji yang tidak jelas tentang denuklirisasi. Sedangkan pertemuan kedua di Vietnam pada bulan Februari gagal mencapai kesepakatan. 

Sejak itu, Pyongyang sering mengeluarkan kritik terhadap posisi AS. Namun kedua pemimpin kemudian saling kirim pesan lewat Twitter hingga dicapai kesepakatan untuk bertemu pada Sabtu kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya