SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Grafis/Galih Ertanto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Grafis/Galih Ertanto)

WONOGIRI — Temuan cacing hati pada hewan kurban bertambah. Pada Sabtu (27/10/2012), petugas kesehatan hewan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) kembali menemukan cacing hati dari tiga ekor sapi kurban. Saat itu, dinas memantau empat lokasi tempat penyembelihan hewan kurban di wilayah Wonogiri kota.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hari ini kami memantau empat lokasi yakni Masjid Al Hidayah, Al Fatih, Baiturrahman dan MTA [Majelis Tafsir Alquran] Wonogiri. Ada 24 ekor sapi, 27 ekor kambing dan tiga ekor domba yang disembelih. Tiga ekor sapi di antaranya terjangkit cacing hati,” kata Kabid Kesehatan Hewan, Surip Surono, mewakili Kepala Disnakperla Wonogiri, Rully Pramono Retno, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Menurut Surono, jumlah temuan cacing hati diperkirakan bertambah menyusul belum semua laporan masuk ke dinas terkait hasil temuan dari kecamatan lain di Kabupaten Wonogiri. Pihaknya saat ini hanya memantau lokasi penyembelihan di wilayah Wonogiri kota, sedangkan data dari kecamatan lain baru terkumpul pekan depan.

Di sisi lain, ia khawatir imbauan dari dinas untuk memusnahkan hati sapi atau kambing yang terkena cacing hati tidak dipatuhi masyarakat.

“Saat kami imbau untuk memusnahkan hati sapi yang bercacing, beberapa warga kadang ada yang eman-eman. Sebenarnya kami ingin menyita hati sapi itu agar tidak dikonsumsi, tapi kami tidak memiliki aturan yang mengikat,” imbuhnya.

Ia berharap ke depan ada aturan tambahan dalam peraturan daerah untuk hal itu. Sehingga, pihaknya dapat menyita organ tubuh hewan kurban yang rusak dan tidak layak konsumsi. Ia juga bisa bekerja sama dengan Satpol PP saat pemantauan.

Sebelumnya, petugas kesehatan hewan Disnakperla menemukan cacing hati pada 21 ekor sapi di berbagai tempat penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Wonogiri, Jumat (26/10/2012). Saat itu, petugas telah memeriksa 734 ekor sapi, 2.607 ekor kambing dan 48 ekor domba dari beberapa kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya