SOLOPOS.COM - Petani memanen bibit tembakau siap tanam. (Antara-Saiful Bahri)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Petani di lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tahun ini, lebih dini menanam tembakau. Menurut Kepala Dusun Lamuk, Desa Legoksari, Tlogomulyo, Temanggung, Sutopo, keputusan itu tidak bisa dipisahkan dari iklim yang mendukung.

“Persiapan sekarang sudah mulai dengan penyebaran benih, beberapa petani sudah mulai menyebar benih,” katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (24/1/2020).

Promosi Program Klasterkuhidupku BRI Bikin Usaha Telur Asin di Lamongan Tambah Sukses

Menurut dia, dengan penebaran benih lebih awal ini diharapkan nanti akhir Maret 2020 sudah bisa menanam tembakau. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, petani terlambat tanam sehingga ketinggalan dengan waktu gudang industri rokok melakukan pembelian tembakau.

Sutopo menyampaikan kalau tahun lalu petani menanam tembakau di bulan April, tahun ini diperkirakan bulan Maret sudah mualai tanam. Ia mengatakan melihat cuaca saat ini untuk penyebaran benih tembakau sangat bagus, karena ada hujan kemudian ada panas.

Menurut dia, penyemaian benih tembakau berlangsung sekitar 50-60 hari, kemudian benih dimasukkan ke polybag dan beberapa hari kemudian siap tanam. Ia menyebutkan varietas tembakau yang ditanam petani lamuk yang dikenal sebagai penghasil tembakau srintil ini bervariasi, yakni kemloko 2, kemloko 4, dan kemloko 5, tergantung kemiringan lahan.

Petani lain, Setyo menuturkan masa tanam tembakau di daerah atas atau di lereng Gunung Sumbing, Sindoro maupun Gunung Prahu biasanya lebih awal, karena umur tanaman tembakau lebih panjang baru bisa dipanen. Kondisi tersebut, katanya berbeda dengan tanaman tembakau di kawasan bawah atau di daerah persawahan, umurnya relatif lebih pendek.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya