SOLOPOS.COM - Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi. (Antara-Heru Suyitno)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Pemerintah Kabupaten Temanggung menyiapkan dana Rp1,6 miliar untuk penanggulangan bencana pada tahun anggaran 2020. Demikian dinyatakan Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi.

“Dana siap pakai dari APBD untuk penanggulangan bencana tahun ini sekitar Rp1,6 miliar. Dana tersebut ada di pos anggaran BPBD Kabupaten Temanggung,” katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (18/1/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyebutkan dana tersebut akan digunakan untuk tanggap darurat jika terjadi bencana alam. Gito menyampaikan apabila suatu longsoran mengakibatkan sendi ekonomi masyarakat terhambat maka akan dilakukan tanggap darurat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ketika terjadi longsor seperti itu akan segera ditangani,” katanya.

Ia menuturkan di wilayah Kabupaten Temanggung ada empat kecamatan rawan banjir, yakni Temanggung ada Kali Kuas, Parakan Kali Galeh, Candiroto Kali Trocoh, dan Bejen Kali Bodri. Kemudian ada 16 kecamatan rawan potensi longsor, antara lain Kandangan, Kaloran, Gemawang, dan Pringsurat.

Ia mengatakan BPBD melakukan sosialisasi untuk daerah rawan longsor dan membuat surat edaran bahwa kewaspadaan masyarakat itu penting. “Selain itu kita siapkan lima  posko kebencanaan untuk mengampu 20 kecamatan, yakni di Kaloran, Gemawang, Temanggung, Parakan, dan Tretep.

Menurut dia posko-posko tersebut merupakan kepanjangan dari masyarakat, yakni bila ada kejadian masyarakat lapor ke posko tersebut dan posko akan meneruskan pos induk di BPBD.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya