SOLOPOS.COM - Bupati Temanggung M. Al Khadziq mencicipi makanan produk UMKM pada pembukaan Temanggung Fair 2019, Kamis (24/10/2019). (Antara-Humas Temanggung)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Temanggung Fair 2019 digelar di halaman Gedung Pemuda Temanggung, Jawa Tengah, Kamis-Senin (24-28/10/2019). Bupati Temanggung M. Al Khadziq mengajak warganya menghargai produk-produk masyarakat daerah sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan saat membuka pameran itu.

"Marilah kita belajar menghargai produk-produk masyarakat kita sendiri, produk-produk Temanggung sendiri dan marilah semua warga Temanggung menjadi agen marketing produk-produk asli Temanggung," katanya dalam pembukaan Temanggung Fair 2019, Kamis (24/10/2019).

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Ia berharap Temanggung Fair bisa menjadi etalase produk-produk unggulan Kabupaten Temanggung, baik produk industri, perdagangan, jasa, industri besar, menengah, maupun industri kecil. "Semua pelaku usaha bisa memamerkan produk-produk unggulannya di event yang diselenggarakan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM ini," katanya.

Ia juga berharap Temanggung Fair bisa menjadi ajang komunikasi di antara produsen dengan produsen dan antara produsen dengan konsumen. "Dengan menjalin komunikasi sesama produsen diharapkan terjadi kompetisi dan dengan adanya komunikasi produsen dengan konsumen kita bisa saling belajar. Produsen bisa belajar selera konsumen dan sebaliknya konsumen bisa belajar apa maksud produsen menciptakan produk-produk tertentu," katanya.

Ia menuturkan terjadinya kompetisi para produsen sehingga bisa mendorong adanya inovasi, baik inovasi dalam produksi, pemasaran maupun manajemen. "Inovasi tersebut akan meningkatkan daya saing dan kulalitas produk kita, karena kalau produk kita semakin inovatif, semakin kompetitif maka bisa bersaing dengan produk dari luar Temanggung," katanya.

Kepala Disperindagkop UMKM Kabupaten Temanggung Rony Nurhastuti mengatakan Temanggung Fair diikuti sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yakni stan batik, stan kopi, makanan dan minuman, tembakau, kerajinan, dan stan multiproduk.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya