SOLOPOS.COM - Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali. (Antara-Heru Suyitno)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Polres Temanggung membentuk Satuan Tugas (Satgas) Antibotoh demi mengantisipasi terjadinya perjudian dan politik uang dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Temanggung.

Pembentujan Satgas Antibotoh itu diungkapkan Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali di Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (5/1/2020). "Kami sudah membentuk Satgas Antibotoh agar tidak terjadi politik uang menjelang pelaksanaan pilkades serentak 9 Januari 2020," katanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menuturkan satgas akan memantau terus pada saat menjelang pelaksanaan pencoblosan, yakni pada 8-9 Januari 2020. Satgas itu, tegasnya, telah mulai bekerja saat ini.

"Akan kita pantau orang-orang yang kita curigai, kita dalami bahwa dia akan bermain sebagai botoh karena ini akan membuat suasana pilkades tidak baik," katanya.

Ia menuturkan kasus politik uang bisa terjadi, baik saat pilkada maupun pilkades. Ditegaskan, para calon tidak boleh menggunakan uang untuk mempengaruhi pemilih.

"Pada intinya akan kita tindak tegas siapa pun yang melakukan praktik-praktik seperti itu sehingga kita harapkan pelaksanaan pilkades ini berjalan dengan adil dan jujur," katanya.

Sampai saat ini, pihaknya telah melakukan maping atau pemetaan, baik orang-orang di Temanggung maupun dari luar Temanggung. Menurut dia untuk memudahkan pengawasan, satgas antibotoh dibagi empat rayon tetapi dalam pelaksanaannya tidak selalu suatu satgas bekerja dalam rayon tertentu dalam pilkades serentak itu.

"Satu satgas bisa lintas rayon karena satgas ini operasionalnya seluruh wilayah Polres Temanggung," katanya.

Ia menyebutkan satu tim satgas terdiri atas 5-6 orang. Mereka dibantu oleh masyarakat dan jaringan yang ada di wilayah. Personel pengamanan yang dikerahkan dalam pelaksanaan pilkades serentak ini dari Polri 840 orang, TNI 200-an orang, dan dari linmas masing-masing desa ada 30 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya