Temanggung Ajak Pramuka Gerebek Jentik di Sarang Nyamuk

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung mengerahkan anggota Pramuka dalam pemberantasan sarang nyamuk. Kegiatan Gerebek Jentik itu dilaksanakan guna mengantisipasi meluasnya kasus demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Taryumi, mengatakan anggota Pramuka tersebut tergabung dalam Saka Bakti Husada di bawah bimbingan Bidang Kesehatan Masyarakat. Ada puluhan anggota Saka Bakti Husada Kabupaten Temanggung yang terlibat dalam pemberantasan sarang nyamuk bersama Dinas Kesehatan dalam kegiatan Gerebek Jentik tersebut.

“Gerebek Jentik ini merupakan salah satu kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dengan memberantas jentik-jentik nyamuk guna memutus mata rantai perkembangan nyamuk Aedes aegypti yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah,” katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (12/2/2019).

Ia menyebutkan Dinas Kesehatan bersama Saka Bakti Husada beberapa waktu lalu menyelenggarakan Gerebek Jentik di kawasan Pendapa Pengayoman dan lingkungan sekitarnya. Ia menuturkan dalam mengantisipasi DBD yang paling utama adalah pemberantasan sarang nyamuk dan bukan pengasapan. “Siklus hidup nyamuk, katanya dari telur, jentik-jentik, jadi nyamuk dewasa dan yang utama adalah pemberantasan sarang nyamuk dengan memberantas jentik-jentik nyamuk,” katanya.

Ia mengatakan dalam pemerantasan sarang nyauk ini, kalau memang genangan air atau tampungan air dapat dikuras maka dilakukan pembersihan dan kalau memang tidak dapat maka diberi abate. Ia menyebutkan kasus demam dengue (DD) dan DBD di Kabupaten Temanggung pada Januari 2019 mencapai 64 kasus.

“Angka tersebut lebih tinggi dibanding pada Januari 2018 sebanyak 39 kasus DD dan DBD,” katanya.

Menurut dia penting untuk membangun kesadaran masyarakat dalam memberantas sarang nyamuk, jadilah juru pemantau jentik (jumantik) di rumah sendiri sehingga bebas jentik dari keluarga, tetangga, lingkungan RT/RW sehingga nyamuk tidak tumbuh karena jentik-jentiknya tidak ada.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Soko Langit Kembali Buka, Berenang Sambil Menikmati Alam Wonogiri

Menyuguhkan kolam renang yang asyik dengan pemandangan Gunung Lawu

Potensi Pasar Tanaman Hias Rp3.000 Triliun, Baru Terpenuhi 0,01 Persen

Bisnis tanaman hias merupakan salah satu opsi pemulihan ekonomi masyarakat karena menggandeng sekitar 1.000 petani yang terdampak pandemi Covid-19.

Lorong Bawah Tanah di Kodim, Jalur Telegraph Banyuwangi-Australia?

Disparbud Banyuwangi menduga lorong bawah tanah di Kodim 0825 Banyuwangi bagian dari sambungan telegraph Banyuwangi ke Australia.

Ronaldo Lagi-Lagi Jadi Pahlawan MU

Manchester United memang patut berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Pasalnya, pemain berpaspor Portugal itu kembali menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah.

Rumah Warga di Ngrampal Sragen Terbakar, Ini Foto-Fotonya

Kerugian material akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp10 juta

Jangan Lupa Sob! Doa Saat Hujan Turun Agar Mendapat Keberkahan

Saat hujan turun juga dianjurkan membaca doa untuk mendapatkan keberkahan dan terhindar dari mara bahaya.

Jelang Pra-IPO, GoTo Dapat Guyuran Dana Rp5,64 Triliun dari Abu Dhabi

GoTo Group, menandatangani perjanjian dengan anak usaha Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) dengan investasi senilai Rp5,64 triliun atau US$400 juta.

Solopos Hari Ini: Klaster Sekolah Meluas, Korban Pinjol Tak Harus Bayar

Temuan klaster penularan Covid-19 di sekolah tempat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo meluas hingga ke jenjang SMP.

Universitas Ruang Paling Moderat untuk Mencegah Radikalisme Ekstrem

Universitas adalah salah satu institusi paling penting untuk menjadi penengah tanpa kepentingan ideologis. Kurikulum dan tim pengajar menjadi kunci mewujudkan moderasi di universitas.

Ada Banjir, Pengantin Ini Tumpangi Panci Jumbo ke Tempat Resepsi

Sepasang pengantin melakukan aksi unik dengan menumpangi panci jumbo saat hendak ke lokasi pernikahan.

Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Aurel Hermansyah akhirnya bertemu dengan papa tirinya, Raul Lemos ditemani oleh Atta Halilintar. Netizen ikut berbahagia.

10 Berita Terpopuler: Atap Serambi Masjid Runtuh dan Kabar Persis Solo

Kabar atap serambi Masjid Besar Al Furqon Nguter di Jalan Sukoharjo-Wonogiri tiba-tiba ambruk, Rabu (20/10/2021) dan Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (21/10/2021).

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Begini Kondisi 16 Ekor Sapi dalam Kebakaran di Kladungan Sragen

Ke-16 ekor sapi itu berhasil dievakuasi warga dari empat kandang sapi yang yang hangus terbakar.

Diterjang Angin Kencang, Empat Rumah Warga Sukodono Sragen Rusak

Hujan disertai tiupan angin kencang mengakibatkan empat rumah di Dukuh Pare, Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, mengalami rusak pada bagian atap.

Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Nikita Mirzani juga angkat bicara mengenai Deddy Corbuzier yang disomasi oleh Propeksos. Bagaimana tanggapannya?