SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Kenaikan harga telur ayam ras mempengaruhi inflasi Kota Jogja pada Juni 2011 yang mencapai 0,26%.

Telur ayam ras memberikan andil positif dalam memicu inflasi sebesar 7,77 persen atau memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,06.

Promosi BRI Lakukan Penyesuaian Jam Operasional Selama Ramadan, Cek Info Lengkapnya

“Kenaikan harga telur ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah permintaan karena banyak hajatan dan menjelang ramadan,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik DIY, Dyan Pramono Effendy saat memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (1/7).

Ekspedisi Mudik 2024

Peneliti Ekonomi Muda Senior Bank Indonesia, Fadhil Nugroho menambahkan, dengan kemungkinan terjadinya peningkatan permintaan telur, terigu maupun minyak goreng untuk industri kue kering jelang Ramadan, diperkirakan terjadi tekanan inflasi pada Juli nanti.

“Inflasi tahun ini unik. Kondisinya sama seperti 2009 lalu. Namun, kami perkirakan kalaupun ada kenaikan harga barang maksimal kenaikan hanya 5 persen,” terangnya.

Fadhil menambahkan, dari data yang dihimpun TPID, kondisi pasokan untuk komoditas strategis masih mencukupi sehingga tidak perlu dikhawatirkan. (Harian Jogja/Intaningrum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya