SOLOPOS.COM - GM ICT Operation Region Jateng dan DIY Telkomsel, Iswandi, tengah memeriksa BTS Telkomsel guna mengantisipasi lonjakan traffic layanan saat Natal dan Tahun Baru di salah satu BTS di Rembang, Jateng, Rabu (20/12/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Telkomsel)

Layanan telekomunikasi dari Telkomsel saat libur Natal dan Tahun Baru dilakukan dengan menyiagakan 22 mobile BTS di Jateng dan DIY.

Semarangpos.com, SEMARANG – Perusahaan operator telekomunikasi, Telkomsel, menjamin kelancaran layanannya di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat masa libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru) nanti. Jaminan itu tak terlepas dari disiagakannya 22 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS di sejumlah titik yang memiliki tingkat komunikasi padat saat musim libur Nataru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager (GM) ICT Operation Telkomsel Region Jateng dan DIY, Iswandi, menyebutkan ada sekitar 74 lokasi yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik saat musim libur Nataru, seperti mal, pusat perbelanjaan, obyek wisata, bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan. Dari lokasi-lokasi itu, tiga di antaranya menjadi prioritas utama pengamanan jaringan adalah Alun-Alun Yogyakarta, Simpang Lima Semarang, dan Gladak Solo.

Selain mengoptimalkan pelayanan jaringan telekomunikasi di lokasi-lokasi itu, Telkomsel juga mengoptimalkan jaringan 4G dan 3G yang diperkirakan mengalami kenaikan penggunaan mencapai 158%.

“Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima selama liburan Natal dan Tahun Baru, bahkan saat kondisi traffic paling padat sekalipun. Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan, baik untuk mengunggah foto maupun video saat malam pergantian tahun,” terang Iswandi dalam pernyataan tertulis kepada Semarangpos.com, Rabu (20/12/2017).

Pada puncak periode Nataru nanti, traffic layanan data atau payload Telkomsel diperkirakan meningkat sekitar 52% dibanding hari biasa. Pada periode Nataru itu, pelanggan kemungkinan akan menggunakan layanan data untuk menyaksikan video, mendengarkan musik secara streaming, bermain game online, dan berinteraksi di aplikasi pesan singkat serta media sosial.

Selain layanan data, traffic layanan short message service (SMS) diperkirakan juga mengalami kenaikan sekitar 9% dibanding hari biasa. Sementara, layanan telekomunikasi suara atau voice diperkirakan hanya naik sekitar 2%.

“Kami juga akan menyiagakan 43 mobil Grapari, 120 outlet Siaga, 12 posko untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Telkomsel. Pelanggan juga bisa memperoleh layanan di sekitar 41 Grapari Siaga yang tersebar di wilayah Jateng-DIY,” tutur GM Sales Region Jateng dan DIY Telkomsel, Djony Heru Suprijatno.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya