SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Telkomsel berhasil menduduki peringkat pertama dalam seleksi kanal 11 dan 12 3G yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informasi, sementara XL menduduki peringkat kedua.

Adapun peringkat pertama mendapatkan rentang frekuensi radio 197 MHz hingga 1.975 MHz berpasangan dengan 2.160 MHz hingga 2.165 MHz. Sementara itu, peringkat kedua mendapatkan rentang frekuensi radio 1.975 MHz hingga 1.980 MHz berpasangan dengan 2.165 MHz hingga 2.170 MHz.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam rilis pemeringkatan pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio Tambahan pada Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler IMT-2000 pada Senin (25/2/2013), hasil tersebut didasarkan pada evaluasi teknis yang terdiri dari evaluasi manajemen finansial dan kepatuhan regulasi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Selanjutnya, sesuai jadwal, Tim Seleksi memberi kesempatan masa sanggah kepada para peserta seleksi yang merasa keberatan dengan hasil ini pada 26-27 Februari. Berikutnya jika tidak ada perubahan berarti, hasil ini akan ditetapkan Menteri Kominfo pada 5 Maret,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo Gatot S. Dewa Broto dalam siaran persnya.

Lebih lanjut, pasca seleksi dan tenggat waktu yang ditentukan kemudian, setiap penyelenggara jaringan pada frekuensi 2,1 GHz harus menempati alokasi pita frekuensi radio secara berdampingan berdasarkan penetapan. Adapun Kominfo akan melakukan penataan kembali secara menyeluruh blok frekuensi.

Jaringan 3G di spektrum frekuensi 2,1 GHz memiliki total rentang pita 60 MHz yang terbagi dalam 12 blok kanal. Setiap blok memiliki rentang pita 5 MHz. Sebanyak 10 kanal telah dialokasikan untuk lima operator seluler, yakni Telkomsel di blok 4 dan 5, Indosat di blok 7 dan 8, XL di blok 9 dan 10, Axis di blok 2 dan 3, serta Hutchison CP Telecommunications (Tri) di blok 1 dan 6.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya